Berolahraga rutin dan menjalani pola makan bergizi seimbang merupakan dua faktor penting yang membantumu menjaga tingkat kolesterol tetap normal. Namun, ada sebagian orang yang tetap memiliki kolesterol tinggi meskipun sudah menjalani dua hal tersebut.

Tetapi, kondisi ini tidak menandakan bahwa gaya hidup sehat yang kamu jalani itu salah, karena kadar kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi, walaupun kamu sudah menjalani gaya hidup sehat.

1. Memiliki familial hypercholesterolemia (FH)

Credit: hellosehat.com

Familial hypercholesterolemia merupakan kondisi tingginya kolesterol darah yang disebabkan oleh kecacatan pada kromoson 19. Kondisi ini bersifat geentik dan dapat diturunkan dari orangtua ke anak.

Anak- anak yang memiliki FH terlahir dengan kolesterol LDL yang tinggi. Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat yang memicu pembentukan plak pada pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menghindari makanan berkolesterol, tapi tetap mengonsumsi lemak jahat

Credit: merdeka.com

Walaupun sudah hidup sehat, kamu bisa saja memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena mengonsumsi makanan kaya lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh terdapat pada lemak hewani dan produk susu tinggi lemak. Sedangkan, lemak trans terkandung dalam makanan yang digoreng dan camilan manis.

Coba untuk mengganti produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau susu almond. Dan saat ingin mengonsumsi daging, pilihlah daging dengan kandungan lemak paling sedikit. Selain itu, gunakan metode memasak yang lebih menyehatkan, seperti menumis.

3. Mengonsumsi margarin padat untuk menggantikan mentega

Credit: idntimes.com

Berbeda dengan mentega, margarin dibuat dari campuran minyak nabati dan air. Inilah sebabnya banyak yang menganggap bahwa margarin lebih rendah kolesterol dibanding mentega.

Padahal, beberapa jenis margarin mengandung minyak terhidrogenasi yang membuat bentuknya jadi lebih padat. Minyak terhidrogenasi ini merupakan nama lain dari lemak trans yang meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

4. Tidak mengonsumsi obat penurun kolesterol

Credit: guesehat.com

Pada beberapa orang, gaya hidup sehat saja tidak cukup untuk mencegah kolesterol tinggi. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan kamu mengonsumsi obat penurun kolesterol, seperti memiliki penyakit diabetes, telah terbentuk plak pada pembuluh darah, nilai LDL sangat tinggi, dan terdapat banyak kalsium dalam pembuluh darah sehingga pembuluh darah mengeras.

5. Terlalu membatasi konsumsi makanan berkolesterol

Credit: wow.tribunnews.com

Meski sering dipandang negative, tetapi tubuh tetap membutuhkan kolesterol. Tubuh mendapatkan kolesterol dari dua sumber, yaitu dengan membuatnya sendiri di hati dan dari makanan yang dikonsumsi.

Saat asupan kolesterol menurun, tubuhmu akan memproduksi lebih banyak kolesterol untuk mencukupi kebutuhannya. Oleh karena itu, terlalu membatasi konsumsi makanan berkolesterol justru dapat mengakibatkan kolesterolmu melonjak lebih tinggi.

 

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol darah. Selain karena faktor genetic, penyebab lainnya berasal dari kesalahan pola makan. Inilah sebabnya mungkin kamu tetap memiliki kolesterol tinggi, meskipun sudah hidup sehat.

Dan untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, konsumsi vitamin C dari Enervon aman untuk tubuh dan juga tidak menimbulkan efek samping.

 

 

 

Featured Image - verywellhealth.com