Ada banyak cara untuk menurunkan gula darah, mulai dari mengubah gaya hidup hingga mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Hal ini penting dilakukan, terutama jika kamu berisiko menderita diabetes atau sedang mengalaminya.

Meningkatnya gula darah dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu kurangnya produksi insulin atau ketika tubuh tidak dapat mengirimkan gula dari darah ke sel secara efektif. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah, saraf, serta organ tubuh seperti mata, ginjal, otak, dan jantung.

Gula darah tinggi dapat ditandai dengan gejala kelelahan, sering haus, penglihatan kabur, sakit perut, nafsu makan meningkat, kesemutan di kaki dan tangan, serta luka yang sulit sembuh. Untuk mencegah munculnya penyakit- penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, berikut ini beberapa cara menurunkan gula darah yang bisa kamu lakukan.

1. Menurunkan berat badan

Credit: topmedia.co.id

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, disarankan untuk menurunkan berat badan menuju ke berat badan yang ideal. Bahkan, hanya dengan menurunkan 7% berat badan, risiko diabetes akan berkurang hingga sekitar 50%.

2. Memiliki ukuran pinggang yang sehat

Credit: jawapos.com

Ukuran lingkar pinggang dibawah 89 cm bagi wanita dan dibawah 102cm bagi pria merupakan ukuran yang disarankan. Ukuran lingkar pinggang yang melebihi standar tersebut dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan naiknya kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Berolahraga teratur

Credit: polar.com

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel tubuh bisa menggunakan gula darah sebagai sumber energi. olahraga yang baik untuk dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah adalah jalan cepat, lari, bersepeda, mendaki gunung, berenang, dan latihan angkat beban.

4. Tidur yang cukup

Credit: greatergood.berkeley.edu

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh menekan kadar gula darah. Untuk mencukupi kebutuhan tidur, sebaiknya beristirahatlah selama 7-9 jam setiap hari.

Pola dan waktu tidur yang buruk dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga nantinya berat badan akan bertambah. Selain itu, gangguan tidur juga dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin, sehingga gula darah meningkat.

5. Memonitor gula darah

Credit: endocrinologyadvisor.com

Bagi kamu yang berisiko menderita diabetes, ukur dan catat kadar gula darah setiap harinya. Hal ini berguna untuk mengatur jumlah makanan yang kamu konsumsi.

6. Mengontrol tingkat stres

Credit: tech.co

Hormon glucagon dan kortisol yang dikeluarkan tubuh saat stres dapat meningkatkan kadar gula darah. Jadi, cobalah untuk mengurangi stres dengan yoga atau relaksasi.

7. Mengontrol porsi makan

Credit: prodietreviews.com

Porsi makanan yang terkontrol dapat membantumu mengurangi asupan kalori dan menurunkan kadar gula darah. Cobalah untuk makan dengan piring kecil secara perlahan- lahan dan biasakan diri memperhatikan jumlah kalori yang tertera pada label makanan.

 

Itulah beberapa cara menurunkan gula darah. Dan agar kesehatanmu semakin terjaga, selalu konsumsi vitamin C dari Enervon yang aman di lambung dan tidak menimbulkan efek samping.

 

Featured Image - medicalnewstoday.com

 

Hanya makan satu atau dua kali sehari dalam porsi besar dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Jadi, disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan porsi sedang. Dan jika ingin mengemil, makanlah camilan sehat seperti buah.

 

Cobalah untuk menerapkan cara menurunkan gula darah seperti diatas untuk menghindari berbagai kondisi yang bisa membahayakan kesehatanmu. Dan untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, konsumsi vitamin C dari Enervon setiap hari. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C dari Enervon aman di lambung dan tidak menimbulkan efek samping.