Kehamilan sepertinya tidak menghalangimu dalam melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Hal ini justru dapat memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri bagi ibu hamil. Melakukan perjalanan saat hamil aman dilakukan jika kamu tidak memiliki komplikasi apapun selama kehamilan dan kamu sudah mempersiapkannya dengan matang.

Kapan ibu hamil boleh travelling?

Credit: parenting.firstcry.com

Waktu yang baik untuk melakukan perjalanan adalah di tengah usia kehamilan atau sekitar minggu ke-14 sampai minggu ke-28 kehamilan. Pada awal kehamilan dan akhir kehamilan, atau saat trimester pertama dan keduamu, melakukan perjalanan mungkin tidak disarankan.

Sebelum usia kehamilan 12 minggu, kamu yang sedang hamil mungkin akan lebih sering merasa mual dan lelah, ini akan memberikan ketidaknyamanan saat melakukan perjalanan. Selain itu, pada usia awal kehamilan, risiko ibu mengalami keguguran juga masih tinggi.

Sedangkan, melakukan perjalanan di akhir usia kehamilan juga dapat membuat ibu tidak nyaman. Karena, pada saat ini ibu hamil lebih mudah lelah dan mungkin lebih sulit untuk bergerak atau duduk dalam waktu lama.

Banyak ibu hamil yang memilih untuk melakukan perjalanan pada usia kehamilan 4- 6 bulan. Ini merupakan waktu yang paling aman untuk melakukan travelling. Namun, jika kehamilanmu sehat dan tidak mengalami masalah, melakukan perjalanan kapan saja saat kehamilan mungkin aman bagimu.

Persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan?

1. Periksa ke dokter

Credit: indiaparenting.com

Hal terpenting yang harus kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan adalah periksa ke dokter kandungan. Katakan pada dokter bahwa kamu ingin melakukan perjalanan dengan apa dan ke mana.

Dokter akan membantu memutuskan apakah perjalananmu akan aman untuk kamu dan janin atau tidak. Selain itu, dokter juga akan memberi tahu apa saja hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan.

2. Buat dirimu senyaman mungkin selama perjalanan

Credit: thepointsguy.com

Pada saat perjalanan, sebaiknya kamu membawa barang- barang seperti bantal kecil untuk tidur selama perjalanan, makanan kecil untuk selama di perjalanan, vitamin prenatal atau obat- obatan lain yang diperlukan, dan Salinan catatan prenatal jika kamu berpergian dalam jarak yang sangat jauh.

Selain itu, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman, serta gunakan sepatu yang membuatmu nyaman selama perjalanan. Saat di jalan, buatlah dirimu senyaman mungkin saat duduk.

Jika kamu menaiki pesawat, sebaiknya pesan tempat duduk yang dekat Lorong, sehingga kamu lebih mudah untuk bangun dari tempat duduk dan meregangkan kaki selama penerbangan. Sedangkan, jika kamu melakukan perjalanan dengan mobil, pastikan kamu beristirahat setiap 5-6 jam perjalanan. Hal ini memungkinkan kamu untuk menggerakkan badan dan meregangkan kakimu.

Selain kedua cara diatas, kamu juga perlu mempersiapkan asuransi perjalanan yang mencakup semua kebutuhanmu dalam kemungkinan apapun, seperti perawatan dan persalinan. Karena, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi padamu selama perjalanan.

Rencanakan dan persiapkan dengan baik jika kamu akan melakukan perjalanan jauh saat sedang hamil. Nikmati perjalananmu dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.

 

 

 

Featured Image - nationalgeographic.co.uk