Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah alasan karyawan meninggalkan pekerjaan adalah saat mereka merasa tidak dihargai atau mereka merasa tidak memberikan hasil nyata pada teamwork.

Sebagai seorang pemimpin atau anggota tim sudah menjadi keharusan untuk memberikan motivasi sesama tim agar bisa melakukan yang terbaik. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memotivasi teamwork mu dan mencapai hasil yang diinginkan.

1. Membangun hubungan antar anggota tim

Credit: tameday.com

Membangun hubungan dengan anggota tim disini adalah saat kamu ingin memotivasi anggota tim untuk melakukan yang terbaik, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengenal teamwork secara pribadi.

Berbicaralah pada anggota tim mu secara indivisu, mengajukan pertanyaan, serta biarkan kamu dan anggota tim jadi saling mengenal satu sama lain.

2. Memperlakukan anggota tim dengan baik

Credit: lokerjogja.id

Semua anggota teamwork perlu mengetahui bahwa mereka memang berharga dan pantas berada di dalam tim. Kamu harus bisa menghargai semua pendapat atau ide yang diberikan dari masing- masing anggota, meskipun kamu kurang menyukai ide atau pendapat mereka. Atau kamu juga bisa mengajak tim mu untuk sekedar pergi makan siang bersama. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai.

3. Menetapkan tujuan yang tinggi, namun dapat dicapai

Credit: teamworkandleadership.com

Anggota tim akan merasa sulit, jika mereka melihat tujuan yang ditetapkan berada di luar jangkauan. Memang tidak masalah jika menetapkan tujuan yang tinggi, namun jangan sampai tujuan tersebut tidak masuk akal dan membuat banyak orang menyerah saat mengetahuinya.

4. Membuat kontes dengan hadiah

Credit: inc.com

Setiap orang pasti menyukai hal apapun yang bermanfaat bagi mereka. Sebelum kamu memberikan hadiah pada anggota tim, penting untuk mengetahui apa yang mereka inginkan atau butuhkan pada saat itu.

Misalnya, kamu bisa menawarkan tambahan 1 jam istirahat untuk anggota tim, mendapatkan 1 hari libur tambahan, atau hal lainnya.

5. Menjadi bagian dari tim

Credit: textrequest.com

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemimpin adalah mereka merasa posisi yang didapatkan membuat mereka tidak layak untuk berada di dalam anggota teamwork lainnya.

Cobalah untuk masuk dan bersedia bergabung ke dalam tim kamu. Tidak ada salahnya untuk ikut melakukan tugas- tuas yang ada di dalam perusahaan. Cara seperti ini justru bermanfaat untuk memberikan motivasi pada teamwork untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

Coba untuk menerapkan kelima langkah di atas untuk memotivasi anggota teamwork kamu. karyawan yang termotivasi akan memiliki produktivitas yang jauh lebih meningkat dan dapat memberikan efek positif terhadap kinerja perusahaan.

 

 

 

Featured Image - alphagamma.eu