Disiplin kerja di kantor bukan hanya masalah dominasi peraturan dan hukuman yang diterapkan oleh perusahaan. Memang, terkadang perusahaan memberlakukan beberapa pendisiplinan agar karyawan terbiasa menjaga kedisiplinan.

Padahal, perilaku disiplin kerja akan terbentuk sendiri ketika karyawan dan manajemen perusahaan memiliki rasa percaya satu sama lain. Hal ini juga mendukung tujuan dari kerja disiplin yang bertujuan untuk membuat lingkungan kerja jadi nyaman.

Disiplin kerja merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Karena, terdapat berbagai alasan positif mengapa kedisiplinan kerja perlu dijaga. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa penting untuk mempertahankan disiplin kerja.

1. Mengurangi masalah karena perilaku tidak disiplin

Credit: entrepreneurcamp.id

Hasil dan tujuan utama dari menerapkan kedisiplinan di kantor adalah membatasi dan mengurangi masalah akibat perilaku tidak disiplin. Misalnya, keterlambatan kerja yang sering mengganggu produktivitas karyawan dan timnya.

2. Menjaga standar perusahaan

Credit: jojonomic.com

Ketika diterapkan secara konsisten, sistem disiplin kerja akan memperkuat aturan yang telah ditetapkan perusahaan dan mampu meningkatkan moral serta menjaga standar perusahaan. Selain itu, karyawan juga cenderung lebih menghormati aturan di tempat kerja dan mengurangi kemungkinan pelanggaran dan sanksi kedisiplinan terjadi.

3. Menjaga konsistensi kerja

Credit: jojonomic.com

Disiplin kerja dapat menjaga peraturan dan sistem kantor untuk berjalan secara konsisten. Jadi, dengan kedisiplinan yang diterapkan, karyawan maupun pihak perusahaan jadi tidak dapat mengubah peraturan. Dengan begitu, konsistensi kerja pun akan terjaga.

4. Membantu menghindari masalah hukum di kemudian hari

Credit: wpupgrader.com

Ketika kantor terbiasa menerapkan disiplin kerja dan menjaga perjanjian tersebut dalam hitam di atas putih, maka semuanya akan jelas di mata hukum. Jadi, ketika ada sebuah masalah yang timbul berkaitan dengan hal tersebut, perjanjian yang sudah dibuat dapat menjadi landasan hukum yang mana benar dan salah.

Cara menjaga disiplin kerja agar dapat mencapai tujuan

Credit: karirgogo.com
  • Ciptakan jadwal harian. Kunci untuk mencapai kedisiplinan adalah dengan menetapkan jadwal harian tentang apa saja yang perlu dilakukan. Buat jadwal kapan sebuah pekerjaan harus diselesaikan agar kamu lebih termotivasi untuk disiplin dan menyelesaikan tugas tepat waktu.
  • Kerjakan hal yang kamu sukai terlebih dahulu. Cara ini dapat membantumu untuk menjaga kedisiplinan dalam menyelesaikan deadline pekerjaan. Namun, bukan berarti pekerjaan yang menyulitkanmu tidak kamu kerjakan, tapi justru dengan mengerjakan hal yang kamu sukai lebih dahulu mampu mengumpulkan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.
  • Jangan terlalu perfeksionis. Menjadi terlalu perfeksionis dapat menyulitkanmu untuk menjaga kedisiplinan. Jika kamu terlalu ambisius untuk menyempurnakan satu pekerjaan, maka kamu akan terus terjebak dengan pekerjaan tersebut. Akibatnya, kamu jadi tidak dapat menyelesaikan pekerjaan lainnya tepat waktu.

Itulah beberapa alasan mengapa penting untuk mempertahankan disiplin kerja dan bagaimana cara menjaga kedisiplinan tersebut. Dan yang perlu diingat, disiplin kerja tidak hanya bermanfaat dan berguna untukmu saja, namun juga untuk perusahaan. Jadi, silahkan mencoba tips- tips di atas ya!

 

 

Featured Image - qerja.com