Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Karena, biaya berobat saat sakit bisa sangat mahal dan menguras dompet. Mencegah risiko penyakit sedini mungkin bisa dilakukan dengan melakukan cek kesehatan secara rutin, atau yang biasa lebih sering disebut medical checkup.

Lalu, apa saja cek kesehatan yang perlu dilakukan? Berikut ini ulasannya.

1. Cek kesehatan Rahim

Credit: hellosehat.com

Kanker Rahim atau kanker serviks sangat rentan terjadi  pada perempuan. Kanker ini bisa ditemukan pada sel atau dinding Rahim. Untuk mengetahui gejala kanker serviks, perlu dilakukan tes Pap Smear. Dan pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan apabila salah satu anggota keluargamu pernah menginap penyakit HPV.

2. Cek kesehatan mata

Credit: otc-fahrenheit.co.id

Kemampuan mata untuk melihat akan berkurang seiring bertambahnya usia. Lakukan cek kesehatan mata minimal sekali dalam dua tahun, untuk mengetahui gejala apa saja yang sudah terjadi pada matamu. Apabila mata terdeteksi mengidap rabun, kamu juga bisa lebih tahu untuk mengobatinya agar rabun mata tidak semakin parah.

3. Cek kesehatan  penyakit menular seksual

Credit: hellosehat.com

Penyakit menular seksual bisa menyerang siapa saja, terutama bagi yang sering melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda. Salah satu penyakit menular seksual yang sering terjadi adalah HIV/AIDS.

Apabila salah satu anggota keluargamu mengidap penyakit ini, kemungkinan besar keturunannya juga bisa mengidap penyakit yang sama. Karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan rutin melakukan cek kesehatan ini.

4. Mengecek kadar kolesterol dalam tubuh

Credit: hellosehat.com

Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu terjadinya peningkatan kolesterol jahat. Dampak dari penyakit ini bisa memicu terjadinya penyakit stroke ataupun jantung. pengecekan kadar kolesterol ini diperlukan untuk menghindari terjadinya penyakit komplikasi.

Cek kadar kolesterol yang paling akurat adalah melalui tes darah. Lakukan tes kesehatan ini setidaknya sekali dalam lima tahun.

5. Cek kadar gula atau diabetes

Credit: hellosehat.com

Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Penyakit ini ditmbul akibat jumlah makanan yang dikonsumsi tidak sebanding dengan aktivitas fisik yang dilakukan seseorang.

Penyakit diabetes rentan terjadi pada banyak orang terutama yang tidak memiliki pola hidup sehat, termasuk ibu hamil. Itu sebabnya pemeriksaan kadar gula sangat penting dilakukan, terutama saat menjelang usia 40 tahun ke atas.

6. Cek tekanan darah

Credit: liputan6.com

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut silent killer juga perlu diwaspadai sejak dini. Karena, penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mempedulikan umur si pengidap.

Cek kesehatan ini sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal dan akurat, sebaiknya periksakan langsung ke dokter. Karena, jika hasil check up mengarah pada penyakit tertentu, kamu bisa diberikan penanganan langsung oleh dokter.

 

Nah, itulah beberapa cek kesehatan yang perlu kamu lakukan secara rutin. Dan agar kesehatanmu semakin terjaga, konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuh biar nggak gampang sakit. 

 

Featured Image - hospitallapaloma.com