Berbuka puasa dengan buah kurma memang sudah wajar dan lumrah di khalayak umum. Atau setidaknya, berbuka dengan buah-buahan adalah pilihan yang bijak dibanding dengan berbuka sama gorengan yang penuh minyak.

Tapi, tidak semua buah, lho bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa. Setidaknya, ada empat buah yang mesti kamu hindari saat berbuka puasa. Apa saja buah-buahan tersebut? Sila simak bahasan kali ini ya!

Buah Durian

4 Buah yang Mesti Dihindari Saat Kamu Berbuka Puasa! credit: haibunda.com

Walau aroma serta cita rasanya membuat sebagian orang tidak tahan untuk menolaknya, tapi jangan sesekali kamu berbuka puasa dengan memakan buah durian, ya. Walau durian bisa memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh serta beberapa vitaminnya, tapi buah ini mengandung gas yang bisa memicu asam lambung naik.

Asam lambung naik rentan sekali menghantui kamu yang tengah berpuasa. Pasalnya, perut yang tengah dalam keadaan kosong selama berjam-jam, bisa dengan mudah menaikan asam lambung jika bertemu dengan gas dari buah durian tersebut.

Jika tetap nekat untuk mengonsumsi durian saat berbuka puasa, alih-alih sehat malah kamu akan ke dokter karena perut kamu sakit.

Jeruk Nipis

4 Buah yang Mesti Dihindari Saat Kamu Berbuka Puasa! credit: merdeka.com

Kalau sebagian orang ingin berbuka puasa dengan yang manis-manis, mungkin sebagian lainnya ingin berbuka dengan yang segar-segar dan dingin. Pilihan es jeruk nipis tentu benar-benar menggoda iman kamu untuk menenggaknya, kan?

Sayangya, pilihan ini tidak menjadi yang direkomendasikan untuk menemani kamu berbuka puasa. Jeruk nipis mempunyai rasa asam yang kencang sehingga jika masuk ke perut yang kosong, dikhawatirkan akan langsung menaikan asam lambung.

Nangka

4 Buah yang Mesti Dihindari Saat Kamu Berbuka Puasa! credit: male.co.id

Rasanya yang manis legit adalah salah satu daya tarik buah ini. Nangka, buah yang manis dan mudah diolah menjadi berbagai bahan campuran untuk jenis makanan lainnya, ternyata tidak disarankan untuk menjadi buah utama saat kamu berbuka puasa, lho.

Nangka juga punya gas yang dapat membuat perut sakit. Minimal, gas yang dikandung oleh buah nangka bisa membuat asam lambung naik dengan mudah. Jika ingin konsumsi buah ini, sebaiknya yang sudah bersama olahan lainnya seperti es cendol atau sop buah.

Mangga

4 Buah yang Mesti Dihindari Saat Kamu Berbuka Puasa! credit: travel.tribunnews.com

Sebenarnya, untuk jenis yang manis rasanya tidak begitu masalah. Yang akan jadi masalah adalah ketika kamu salah memilih jenis mangga dan rasanya asam. Mangga yang asam tidak dianjurkan dan tidak direkomendasikan buat kamu sebagai buah utama untuk berbuka puasa, lho.

Masalah pencernaan akan langsung timbul jika kamu nekat untuk mengonsumsi mangga yang asam.

Nah, alih-alih untuk mendapatkan kesegaran saat berbuka puasa, pastikan tidak ada buah yang mengandung asam serta gas yang tinggi, ya. Oh iya, supaya tubuh tetap fit, pastikan jangan lupa untuk konsumsi suplemen vitamin c yang pas untuk tubuh kamu ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – kitamuda.id