Pada musim hujan seperti sekarang ini, banyak orang mudah terkena penyakit seperti flu, pilek, atau bahkan penyakit demam berdarah. Seringnya orang berkumpul dalam satu ruangan menyebabkan penyakit lebih mudah menular, apalagi jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang sedang lemak.

Selain itu, pada penelitian ditemukan bahwa tingginya curah hujan bisa membuat nyamuk penyebab demam berdarah bertelur dan berkembang biak lebih cepat. Oleh karena itu, pada musim hujan ini penyakit demam berdarah banyak dialami.

Credit: topmedia.co.id

Kamu bisa menangkal berbagai penyakit ini dengan mengonsumsi makanan sehat, buah- buahan dan sayuran segar, terutama yang mengandung vitamin C. Karena vitamin C mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan menghindarkan tubuhmu dari berbagai penyakit.

Salah satu buah yang kaya akan vitamin C adalah jambu biji. Selain vitamin C, buah jambu biji memiliki beragam jenis vitamin lain dan kandungan nutrisi yang baik seperti serat, potassium, zinc, zat yang dapat melindungi sel tubuh dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa nutrisi tersebut dipercaya mampu membantu penyembuhan penyakit seperti flu dan pilek, bahkan dapat membantu mencegah turunnya jumlah trombosit secara berlebihan pada penderita penyakit demam berdarah.

Jambu biji, buah yang kaya akan nutrisi

Credit: hipwee.com

Banyak yang mengira bahwa buah yang paling kaya akan vitamin C adalah buah jeruk. Tapi nyatanya, tidak. Dibanding buah jeruk, jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi. Dalam setiap 100 gram buah jambu biji, terdapat 228 miligram vitamin C. Sedangkan, dalam setiap 100 gram buah jeruk, hanya terdapat sekitar 53 miligram vitamin C saja.

Vitamin C ini dipercaya berperan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga tidak bisa disimpan oleh tubuh dan akan terbuang melalui urine. Hal ini menyebabkan vitamin C harus dikonsumsi rutin setiap hari. Konsumsi vitamin C setiap hari saat musim hujan dipercaya dapat membantu penyembuhan dan mencegah flu atau pilek menjadi parah.

Selain dari jambu biji, kamu bisa memperoleh asupan vitamin C harianmu dari Enervon-C yang mampu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit, terutama di musim hujan seperti sekarang ini.

Tidak hanya mengandung vitamin C saja, jambu biji juga kaya akan kandungan zat yang dapat melindungi sel tubuh dan memiliki fungsi untuk menghadang beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan kandungan ini juga dapat memperlambat proses penuaan dini.

Zinc juga terkandung dalam jambu biji. Zinc merupakan jenis logam yang berguna untuk sistem imun dan terbukti membantu mengurangi angka kematian akibat pneumonia dan diare, serta mencegah infeksi pernapasan. Zat besi sendiri berperan untuk membawa oksigen dalam sel darah merah dan membantu sistem saraf.

Kandungan kalium dalam jambu biji juga berguna untuk menjga keseimbangan cairan di dalam tubuh bagi penderita demam berdarah. Demam tinggi, sulit makan, dan muntah  yang menyebabkan penderitanya jadi dehidrasi. Jadi, mengonsumsi jambu biji dapat mengembalikan keseimbangan cairan tubuh karena kandungan elektrolitnya, seperti kalium.

 

Nah, setelah mengetahui beragam kandungan baik jambu biji, jadi yuk segera konsumsi buah ini ya. Selain itu, jangan lupa konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks, untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu biar tidak mudah sakit.

 

 

Featured Image - awani.com