Bangka Belitung, merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak wisatawan, karena memiliki destinasi wisata yang keren. Mulai dari pantai yang berpasir putih dengan air laut biru, hutan bakau, hingga danau indah yang memiliki air dua warna.

Karena itu, ketika kamu sedang atau akan mengunjungi Belitung, berikut ini 5 destinasi wisata alam yang tidak boleh terlewatkan!

1. Danau Kaolin

Credit: liburmulu.com

Danau ini terletak tidak jauh dari Pangkal Pinang, hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan darat saja. Danau ini merupakan bekas penggalian tambang timah dan pemandangan alam di sekitar danau ini juga sangat indah. Uniknya, kalau dilihat dari sisi tengah kedua danau, maka danau ini terlihat memiliki dua warna. Di satu sisi berwarna biru langit, dan di sisi lainnya berwarna hijau.

2. Pulau Batu Berlayar

Credit: indonesiakaya.com

Pulau ini merupakan pulau kecil yang terletak dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Meskipun kecil, namun kamu masih bisa bersantai sambil berenang atau hanya sekedar main air di sekitar pulau ini. Airnya jernih banget!

3. Bangka Botanical Garden

Credit: ksmtour.com

Kawasan ini dibangun dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam. Seperti yang diketahui, di Bangka Belitung banyak sekali terdapat tambang timah.

Bangka Botanical Garden bisa menyeimbangkan lingkungan dan menjaga udara tetap segar dari polusi penambangan tanah. Salah satu spot berfoto menarik yang ada di sini adakah sederetan pohon pinus cantik seperti pemandangan yang ada di Nami Island, Korea Selatan.

4. Pulau Lengkuas

Credit: bangkatour.com

Pulau ini memiliki nama yang termasuk unik dan tidak biasa, mirip dengan nama salah satu bumbu masakan. Tapi, Pulau Lengkuas merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Bangka Belitung.

Di pulau ini terdapat mercusuar tua peninggalan zaman penjajahan Belanda dan masih aktif digunakan. Kamu bisa masuk dan naik hingga ke atas mercusuar, dan menikmati keindahan alam di sekitar Pulau Lengkuas.

5. Hutan Bakau atau Mangrove Munjang Kurau Barat

Credit: bangkatour.com

Selain pantai, Bangka Belitung juga memiliki hutan bakau yang hijau dan asir. Disini, kamu bisa menyusuri seluruh Kawasan hutan dengan menaiki boat. Dan di dalamnya juga terdapat banyak spot cantik untuk berfoto. Selain dijadikan tempat wisata, hutan bakau ini juga memiliki peran penting untuk lingkungan. Hutan ini berfungsi untuk mencegah abrasi pantai oleh gelombang lait.

 

Menarik banget kan destinasi wisata yang ada di Bangka Belitung? Jadi, tunggu apa lagi? Saat kamu berkesempatan mengunjungi Bangka Belitung, jangan lupa untuk datang ke wisata- wisata tersebut ya!

 

 

Featured Image - ksmtour.com