Awal tahun 2020 ini masyarakat Asia dihebohkan akan kemunculan virus corona. Bahkan, Kementerian Kesehatan RI sudah mengeluarkan surat kewaspadaan terkait munculnya penyakit Pneumonia yang diduga disebabkan oleh virus corona.

Hal ini, tentu saja membuat sejumlah masyarakat Indonesia khawatir sekaligus penasaran mengenai virus yang dapat menganggu kesehatan ini.

Virus corona ini masih satu keluarga dengan MERS ( Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS ( Severe Acute Respiratory Syndrome). Virus corona sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1965. Virus ini pertama kali diambil dari cairan hidung seorang anak dengan gejala pilek.

Credit: doktersehat.com

Terkait gejalanya, virus corona menyerupai flu biasa, seperti demam dan batuk. Hanya saja, virus corona ini menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas sampai sangat sulit bernapas. Dan jika sudah parah, virus corona dapat menyebabkan Pneumonia atau infeksi di paru- paru.

Karena mirip dengan flu biasa, penyakit ini sangat berbahaya. Karena, kita tidak tahu apakah terkena corona atau tidak. Jadi, hindari pergi ke negara yang sedang terjangkit virus corona, rajin mencuci tangan, jaga kebersihan, dan pakai masker saat berpergian.

Selain itu, hati- hari juga mengonsumsi makanan daging mentah karena penyebarannya bisa dari hewan. Meskipun paling banyak virus corona ini terjadi karena dari kucing.

Ini Pertolongan Pertama Bila Terjangkit Virus Corona

Credit: iradiofm.com

Pastinya semua orang tidak ada yang mau terjangkit penyakit ini. Namun, jika sampai terjangkit virus corona, ada pertolongan pertama yang kamu bisa lakukan. Yaitu,

  1. Istirahat yang cukup. Hindari beraktivitas sebelum benar- benar sembuh.
  2. Minum banyak air putih. Disarankan untuk minum paling tidak delapan gelas sehari.
  3. Minum obat penurun demam. Konsumsi obat penurun demam, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Namun, kalau keadaannya sudah cukup parah, seperti napas yang sangat sesak, batuk berdahak sampai parah, dan kesadaran sudah menurun, langsung bawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan dari dokter.

Dalam hal ini kewaspadaan adalah hal yang paling utama. Jika kamu mendapati dirimu atau orang di sekitar sudah flu dan mengeluhkan sesak napas, segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyakitnya.

Mencegah sudah pasti lebih baik daripada mengobati. Agar kamu terhindar dari virus ini, terapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mencuci tangan terutama setelah berpergian, menggunakan masker, minum air putih yang cukup, dan berolahraga.

Dan penting untuk mengonsumsi multivitamin agar kekebalan tubuh semakin terjaga. Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah lelah saat beraktivitas seharian.

Karena ketika sistem daya tahan tubuhmu sudah kuat, maka kemungkinan terjangkit virus atau penyakit pun akan semakin menurun.

 

 

Featured Image - panrita.news