Virus Corona yang sedang mewabah di beberapa negara, sekarang sudah menjadi masalah kesehatan internasional. Virus ini dapat menyebabkan Pneumonia China atau Pneumonia Wuhan.

Virus Corona biasanya menyerang saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, sehingga mirip sekali dengan flu biasa. Gejala- gejala yang muncul meliputi pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, hingga demam. Untuk demam, yang membedakannya dengan demam biasa adalah waktu serangan atau inkubasinya lebih lama, yaitu sampai 14 hari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa cara paling baik untuk menangkal virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan serta meningkatkan sistem imun tubuhmu. Karena ini adalah virus, dan virus biasanya dapat menyerang ketika sistem imun sedang menurun.

Berikut ini cara meningkatkan sistem imun saat musim virus Corona:

1. Mengonsumsi vitamin C

Credit: dailyhive.com

Vitamin C dapat meningkatkan kadar antibody sehingga memperbaiki respons kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C memiliki efek antioksidan yang mampu membantu proses penyembuhan suatu penyakit ataupun luka dan mengoptimalkan aktivitas sel darah putih.

Perlu diingat, bahwa virus tidak akan bertahan dalam tubuh yang mengonsumsi banyak vitamin C. Dapatkan sumber vitamin C dari lemon, jeruk nipis, jeruk, kubis, parsley, brokoli, kiwi, dan mangga.

Selain dari sayur atau buah, konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu, agar tidak mudah sakit.

2. Mengonsumsi Zinc

Credit: stylesatlife.com

Zinc dapat membantu mengatur dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah serangan virus atau penyakit, serta dapat mencegah Pneumonia atau infeksi sistem pernapasan lainnya.  Mengonsumsi zinc berbarengan dengan vitamin C dapat memaksimalkan penyerapan vitamin C dalam tubuh.  

Dapatkan zinc dari makanan seperti bawang putih, daging merah, jamur dan jahe. Selain itu, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

3. Konsumsi Probiotics

Credit: hopenwellness.com

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa bakteri yang ditemukan dalam makanan yang mengandung probiotik dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, tidak hanya di usus saja, tapi juga di seluruh tubuh. Probiotik meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri dalam usus. Semakin banyak bakteri baik dalam usus, maka semakin mudah tubuhmu melawan penyakit.

4. Minum air putih yang cukup

Credit: societyandyou.co

Air tidak hanya dapat meredakan rasa haus, tapi juga menjaga kelembapan tubuh, membantu mengedarkan okisgen dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Jika kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, termasuk sistem imun tubuh. Jadi, coba cukupi kebutuhan cairan harian kamu ya agar tidak mudah jatuh sakit.

5. Konsumsi ramuan teh untuk meningkatkan sistem imun

Credit: powerofpositivity.com

Selain ketiga tips di atas, kamu bisa mengonsumsi teh yang dicampur dengan bahan lainnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Siapkan segenggam thyme, jahe (tumbuk sehingga airnya dapat keluar), madu manuka, 1 sendok makan cuka apel, dan 1 siung bawang putih. 

Cara membuatnya:

  • Masukkan thyme ke dalam teko berisi air panas. Diamkan selama 15 menit.
  • Angkat thyme, kemudian masukkan sisa bahan- bahan ke dalam air rebusan tersebut.
  • Terakhir, haluskan bawang putih. Dan aduk sampai rata.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama di musim virus Corona seperti sekarang ini. Yang paling penting adalah jangan panik! Karena ketika panik kamu akan stress, dan ini dapat menurunkan sistem imun tubuhmu.

 

 

Featured Image - klikdokter.com