World Health Organization (WHO) melalui akun Instagramnya, mengunggah beberapa fakta terakit berbagai informasi mengenai virus corona yang sering simpang siur. Apa saja fakta- fakta tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Bisakah hewan peliharaan di rumah menyebarkan virus corona?

Credit: thegorbalsla.com

Saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi maupun menyebarkan virus corona. Meskipun begitu, mencuci tangan dengan sabun dan air setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaan merupakan tindakan yang dianjurkan.

Ini dapat melindungi kamu dari berbagai bakteri umum seperti E.coli dan Salmonella yang dapat berpindah di antara hewan peliharaan dan manusia.

2. Apakah virus corona baru renatan menyerang lansia, atau apakah orang yang lebih muda juga rentan?

Credit: stannah.co.uk

Orang- orang dari segala usia dapat terinfeksi oleh virus corona. Namun, orang yang lebih tua, orang- orang yang memiliki riwayat medis seperti asma, diabetes, dan penyakit jantung, serta orang yang memiliki sistem imun rendah, dimungkinkan akan lebih rentan terserang virus corona.

WHO menyarankan orang- orang dari berbagai usia untuk melakukan langkah preventif diri dari virus, misalnya dengan menjaga kebersihan dengan baik serta menjaga kesehatan saluran pernapasan.

3. Apakah antibiotic efektif dalam mencegah dan mengobati virus corona?

Credit: in-pharmatechnologist.com

Tidak, antibiotic tidak bekerja melawan virus, melainkan hanya untuk melawan bakteri. Virus corona adalah virus baru, oleh karena itu antibiotic tidak boleh asal digunakan sebagai sarana pencegahan atau pengobatan. Namun, jika kamu terjangkit virus corona dan dirawat di rumah sakit, kamu mungkin mendapat antibiotic karena coinfection bakteri.

4. Saat ini, apakah sudah ada obat khusus untuk mencegah dan mengobati virus corona?

Credit: fortune.com

Sampai saat ini, belum ada obat atau vaksin khusus untuk mencegah maupun mengobati virus corona. Namun, mereka yang terinfeksi virus corona ini harus segera menerima perawatan yang tepat untuk meredakan serta mengobati gejala. Selain itu, mereka yang sudah sakit parah harus mendapatkan perawatan yang optimal dari tenaga ahli medis.

Karena obat atau vaksin untuk virus corona ini belum ditemukan, maka satu- satunya cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari virus ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, seperti:

  • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan kuku dan jari bersih.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulit dengan tangan yang tidak bersih.
  • Tutup mulut dan hidung ketika bersin dengan menggunakan tisu atau masker, setelah itu buang tisu atau masker dan cuci tangan. Jika tidak ada tisu, gunakan lengan untuk menutupi hidung dan mulut ketika bersin. Hindari menutup hidung dan mulut dengan menggunakan telapak tangan.
  • Bersihkan benda- benda yang ada di sekitarmu.
  • Terapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, cukupi kebutuhan air, dan olahraga rutin.

Dan yang paling penting adalah menjaga sistem imun tubuh, dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit.

Karena ini adalah virus, jadi penting untuk menjaga sistem imun tubuhmu. Ketika sistem imun tubuhmu sudah baik, maka kemungkinan kamu terserang virus maupun penyakit pun akan kecil.

 

 

Featured Image - ruangmom.com