Pekerjaan yang menumpuk atau kurang tidur tidak selalu menjadi penyebab stamina mu mudah menurun dan kelelahan yang kamu rasakan di tempat kerja. Kadang, ada beberapa gaya hidup yang menyebabkan staminamu mudah menurun meski tidak melakukan aktivitas fisik berat.

Berikut ini 6 penyebab mengapa stamina kamu mudah drop di tempat kerja yang jarang diketahui.

1. Dipengaruhi orang sekitar

Credit: tocuz.com/indonesia

Coba perhatikan teman kerjamu. Apakah mereka sering mengeluh dan membahas tentang stres kerja atau merasa lelah? Jika iya, ada kemungkinan kamu terpengaruh pola pikir ini jika kamu sering berada dekat mereka. Tanpa kamu sadari, kamu juga akan merasa bahwa kamu stres dan juga lelah bekerja.

2. Kurang minum air

Credit: sofreshwidebay.com.au

Ketika kamu kurang minum sedikit saja, kamu akan mulai mengalami dehidrasi. Hal ini mengakibatkan volume darah menurun dan mengental, sehingga jantung harus memompa darah lebih lambat. Akibatnya, oksigen dan nutrisi pun lebih lama untuk mencapai otot dan organ lainnya. Jadi, sebelum kamu merasa sangat haus, usahakan untuk minum ya. jangan ditunda- tunda!

3. Kurang asupan zat besi

Credit: kumparan.com

Ketika tubuhmu kekurangan zat besi, proses pembentukan sel darah merah pun jadi terganggu, sehingga tubuhmu akan mudah kekurangan oksigen. Penuhi asupan zat besi kamu dengan mengonsumsi kacang merah, tahu, telur, daging sapi, dan kacang- kacangan.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan zinc yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah lelah.

4. Meja kerja berantakan

Credit: classlifestyle.com

Bekerja di meja yang berantakan bisa membuat kamu jadi lebih sulit untuk fokus dan memproses informasi secara maksimal. Dan semua ini mengarah ke kelelahan mental, sehingga lama kelamaan stamina kamu akan menurun.

5. Cenderung negative dan pesimis

Credit: merdeka.com

Jika kamu sering khawatir atau cemas akan masa depan karier kamu, ini berarti kamu cenderung pesimis dan selalu mengantisipasi scenario terburuk. Kecemasan ini bisa berujung kelelahan mental dan stamina menurun karena otak kamu ‘dipaksa’ untuk terus memikirkan hal- hal yang sebenarnya memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi.

Jika kamu mengalami hal ini, coba deh Tarik nafas dalam dan pikirkan secara objektif peluang terjadinya ketakutan kamu. Atau kamu bisa mengajak teman ngobrol, agar bisa mendapat perspektif yang berbeda.

6. Tidak berolahraga

Credit: polar.com

Kamu mungkin berpikir kalau berolahraga sepulang kerja hanya dapat membuatmu semakin lelah. Namun ternyata, olahraga rutin dapat memberimu energi dan menjauhkan kamu dari rasa lelah. Terutama jika kamu sering stres di tempat kerja, olahraga bisa membantu menurunkan tingkat hormon kortisol dan gula darah yang cenderung membuatmu merasa gelisah.

 

Itulah keenam penyebab mengapa stamina kamu mudah menurun saat bekerja. Coba kembali perhatikan hal- hal tersebut ya agar stamina tetap terjaga dan kamu pun tidak mudah merasa lelah di kantor.

 

 

Featured Image - hcamag.com