Virus corona atau coronavirus sudah menjadi masalah kesehatan global sejak awal tahun 2020. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini sudah mulai menyebar ke berbagai negara.

Virus corona sendiri termasuk ke dalam keluarga besar virus yang biasanya menjangkit hewan, tapi lama kelamaan dapat berevolusi dan menyebar ke manusia.

Ketika ada seseorang yang terjangkit virus corona, biasanya memiliki tiga gejala yaitu demam karena adanya radang pada jaringan paru- paru, batuk kering maupun berdahak, dan kesulitan bernapas. Gejala- gejala penderita virus corona ini sangat mirip dengan flu dan demam pada umumnya.

Sampai saat ini belum ada vaksin atau obat khusus yang mampu menyembuhkan atau mencegah virus corona. Salah satu cara paling ampuh yang mampu menangkal virus corona adalah dengan meningkatkan dan menjaga sistem imun tubuh kita.

Sistem imun bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C dan juga Zinc.

Apa Itu Zinc? Dan Seberapa Penting Untuk Menghambat Virus Corona

Credit: sehatq.com

Zinc memiliki sebutan sebagai mineral yang sangat mendukung fungsi sistem imun tubuh manusia. Meskipun hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit setiap harinya, namun zinc mampu mempercepat penyembuhan penyakit pada seseorang.

Selain itu, zinc juga mempercepat penyembuhan seseorang yang menderita infeksi pernapasan, luka bakar, pembedahan, berbagai luka traumatis akibat kecelakaan, dan penyakit lainnya yang sangat membutuhkan kinerja penyembuhan yang baik.

Meningkatkan konsumsi Zinc dengan kandungan seng-ionofor seperti Pyrithione (PT), secara efisien dapat mengganggu replikasi dari berbagai virus termasuk influenza dan polio. Untuk beberapa kasus, hal ini sudah dikaitkan dengan gangguan pemrosesan polyprotein virus.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Zinc dan Pyrithione konsentrasi rendah dapat menghambat penyebaran virus corona- SARS dan equine arteritis virus dalam sel tubuh manusia.

Nah, karena itu zinc sangat penting untuk menghambat penyebaran dan mencegah kita terserang virus corona. Terlebih lagi zinc baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, jadi ketika sistem imun tubuhmu sudah baik, maka kemungkinan terserang virus ataupun penyakit akan menurun.

Selain dengan mengonsumsi zinc, untuk menghindari virus corona kamu juga harus menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, seperti:

  • Cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jarik, dan kuku kamu bersih dari kotoran dan kuman. Cuci tangan sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, setelah bersin dan batuk, setelah menggunakan toilet, serta setelah berpergian.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
  • Gunakan masker, terutama ketika kamu berpergian ke tempat yang banyak orang dan juga berbagai debu polusi.
  • Terapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti konsumsi makanan bergizi dan lengkapi asupan sayur serta buah.
  • Cukupi kebutuhan Zinc harian kamu dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon Active, yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu.

Sumber Zinc Untuk Tubuh

Credit: timesofindia.indiatimes.com

Berikut ini beberapa sumber zinc yang bisa kamu konsumsi:

  • Daging sapi dan daging ayam.
  • Berbagai macam seafood seperti kepiting, udang, salmon, dan lobster.
  • Kacang- kacangan, seperti kacang merah, kacang merah, kacang mete, kacang polong dan almond.
  • Sayuran seperti bayam, jamur, dan bawang putih.
  • Dari berbagai sumber lainnya, seperti beras merah, kuning telur, dark chocolate, yogurt, dan juga oatmeal.
  • Dari multivitamin seperti Enervon Active. Dengan kandungan vitamin dan zinc nya mampu menjaga sistem imun tubuhmu dan mencukupi kebutuhan zinc, sehingga kamu pun terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus, termasuk virus corona.

Featured Image - peoplespharmacy.com