Menjadi tenaga kerja yang berkualitas sebenarnya dapat dicapai dengan berbagai usaha sederhana. Kamu tidak perlu melakukan usaha yang repot untuk menarik perhatian atasan atau bermanis- manis dengan karyawan lain.

Hal terpenting untuk menjadi tenaga kerja berkualitas, kamu harus menjalani tugas dengan baik. Karena memiliki tanggungjawab pada pekerjaan saja ternyata tidak cukup menjadikan kamu memiliki kualitas terbaik.

Lalu, seperti apa sih ciri- ciri tenaga kerja yang berkualitas? Berikut ini ulasannya.

1. Menjalani tugas dengan baik

Credit: earth.com

Salah satu ciri tenaga kerja yang berkualitas adalah mereka yang memahami peran dan tanggungjawabnya di sebuah perusahaan. Tenaga kerja yang berkualitas juga menciptakan daya saing yang baik melalui hasil kerjanya. Kamu tinggal mencari bagaimana cara belajar dan mengembangkan diri menjadi lebih baik.

2. Produktif

Credit: medium.com

Memprioritaskan pekerjaan dan mengelola waktu dengan baik. Kamu tahu kapan harus mengerjakan tugas dan tidak menunda pekerjaan, terutama pekerjaan yang juga melibatkan orang lain. Kamu menyadari jika lambat mengerjakan tugas, maka akan berpengaruh pada pekerjaan orang lain. Kamu bisa mengelola waktu sendiri dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

3. Berorientasi pada target

Credit: jobsforeditors.com

Bekerjalah dengan tujuan pribadi dan perusahaan di pikiranmu. Setiap orang harus berkontribusi pada target perusahaan yang sudah ditetapkan.

Kamu juga perlu belajar bahwa untuk mendapat hasil yang terbaik adalah melalui kinerja yang optimal. Ini merupakan salah satu ciri tenaga kerja yang berkualitas.

4. Memiliki motivasi tinggi

Credit: tatacliq.com

Tenaga kerja yang berkualitas selalu memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaannya. Biasanya, orang seperti ini bisa menentukan laju pekerjaan yang dapat ditiru oleh teman kerja lainnya.

Jika ingin dihargai atasan atau rekan kerja, pastikan kamu bekerja secara maksimal di kantor. Jadilah yang terbaik sesuai kemampuanmu dan kamu akan meraih yang terbaik.

5. Sabar dan bekerja keras

Credit: noobpreneur.com

Memiliki sikap pekerja keras sangat penting saat kamu sedang membangun karier. Jadilah orang yang selalu siap melakukan pekerjaan. Berani dan sabar dalam bekerja dapat membuat kamu menjadi orang yang dipercaya dalam berbagai tugas penting.

6. Berpikir dan bertindak secara positif

Credit: global.chinadaily.com.cn

Tenaga kerja yang hebat selalu bertanggungjawab pada apapun yang dilakukan, kamu pun juga harus berkontribusi positif pada perusahaan.

Untuk itu, kamu tentu harus selalu memiliki pikiran dan bertindak positif. Mengambil inisiatif, memberikan banyak saran dan menjadi orang yang mampu menyelesaikan berbagai tantangan dalam pekerjaan.

7. Menjaga hubungan sosial

Credit: nerdwallet.com

Tenaga kerja yang berkualitas selalu mampu menjaga hubungan sosialnya dengan baik dan memiliki kerjasama yang positif dengan pegawai lainnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing mengatasi karyawan lain yang bermasalah dengan yang lain.

 

Itulah beberapa ciri- ciri tenaga kerja yang berkualitas di suatu perusahaan. Nah, kira- kira kamu sudah memiliki ciri- ciri tersebut belum nih?

 

Featured Image - cnbc.com