Menjalankan profesi sebagai seorang freelancer merupakan alternative pekerjaan yang menjanjikan. Selain itu, pekerjaan freelance juga dapat membawamu kepada pekerjaan yang kamu minati. Dengan keahlian yang sesuai, maka seseorang pasti akan betah dalam menjalankan pekerjaan freelance.

Meskipun begitu, ada beberapa kesalahan yang seringkali terjadi dalam pekerjaan freelance dan hal ini dapat menyebabkan kegagalan dalam meneruskan profesi tersebut.

Apa saja kesalahan yang sering terjadi dalam pekerjaan freelance? Ini dia ulasannya.

1. Freelancer terlalu akomodatif

Credit: freelancinggig.com

Ini hal yang paling sering terjadi, freelancer terlalu akomodatif dengan memberikan ruang terlalu longgar pada klien. Kelonggaran ini mungkin bisa jadi nilai tambah bagi para freelancer, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua klien memiliki karakter positif.

Dengan terlalu mengikuti semua keinginan klien, maka kamu akan kehilangan banyak waktu serta mungkin menutup banyak kesempatan yang lain. Jadi, jangan takut untuk menentukan aturan atau kesepakatan terhadap jasa yang kamu berikan, dan pastikan semua saling menguntungkan.

2. Mengabaikan manajemen finansial

Credit: lyndhurstfm.co.uk

Meskipun kamu melakukan pekerjaan freelance, mengatur keuangan sangat penting. Hal ini karena pendapatanmu tidak sama dengan penghasilan seorang pegawai pada umumnya. Seorang freelance bisa mendapatkan proyek dengan keuntungan besar, namun bisa juga dalam beberapa waktu tidak mendapat proyek apapun.

Biasakan untuk mencatat keuanganmu, mulai dari kebutuhan sehari- hari, pengeluaran suatu proyek dan pendapatan yang kamu peroleh dari suatu job. Catatan ini bisa membantumu dalam mengelola keuangan sebagai seorang freelancer.

3. Tidak mampu melayani dengan maksimal

Credit: invoiceninja.com

Dalam melakukan pekerjaan freelance, kepuasan klien adalah segalanya. Inilah yang menjadi kunci penting untuk bertahan dalam pekerjaan ini. Ketika kamu tidak dapat memberikan pelayanan yang maksimal, maka klien pun tidak kembali menggunakan jasa kamu.

Kepuasan klien bisa diliat dari beberapa hal, seperti kualitas karya kamu sendiri, seberapa cepat dan tanggap kamu dalam menyelesaikan orderan dari klien. Jadi, sebaiknya kamu harus bisa menepati deadline proyek yang diminta oleh klien.

4. Komunikasi yang tidak lancar dengan klien

Credit: broadly.com

Komunikasi yang baik menentukan seberapa sukses kamu menjalani karir sebagai seorang freelancer. Komunikasi ini sangat penting dalam menjalani pekerjaan freelance. Komunikasi yang buruk bisa membuatmu salah informasi mengenai apa yang diinginkan klien.

Jika kamu kurang memahami keinginan klien, sebaiknya tanyakan langsung. Jika tidak akibatnya bisa fatal, karena kamu memaksakan diri mengerjakan proyek yang kamu kurang pahami.

 

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam pekerjaan freelance. Jika kamu menggeluti jenis pekerjaan ini, coba perhatikan kembali ya poin- poin di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - varchars.com