Tahukah kamu bahwa proses pembuatan botol plastik sekali pakai menggunakan 17 juta barel minyak per tahun, dan bahkan ini belum termasuk minyak yang digunakan untuk mengangkut botol.

Cukup dengan mengurangi atau bahkan tidak menggunakan sedotan plastik, alat makan plastik, kantor plastik, kamu dapat membuat sebuah perbedaan. Setengah dari plastik ini bisa dihindari jika kamu bisa menyiapkan beberapa barang yang harus dibawa, terutama ketika sedang berlibur.

Yuk, simak cara mengurangi penggunaan plastik saat travelling, berikut ini.

1. Berpergian membawa botol air isi ulang

Credit: id.pinterest.com

Salah satu cara paling mudah untuk mengurangi limbah plastik yaitu dengan membawa botol air isi ulang. Jika kamu pergi ke pantai, kamu pasti sering melihat plastik berserakan di sekitar daratan maupun di air. Hal ini menyebabkan banyak hewan mati setiap tahunnya akibat terjerat plastik ataupun memakannya.

2. Bawa tas belanja yang dapat digunakan kembali

Credit: epicurious.com

Banyak penelitian menemukan bahwa kantong belanja kertas sebenarnya lebih buruk bagi lingkungan. Karena, membutuhkan proses pengolahan kayu yang melibatkan banyak air, bahan kimia beracun, bahan bakar, dan mesin berat.

Saat travelling kamu bisa membawa tas yang bisa digunakan kembali saat membeli oleh- oleh ataupun ketika berbelanja. Tas seperti ini dapat digunakan puluhan ribu kali, lebih ramah lingkungan, dan memiliki jejak karbon terkecil untuk sekali penggunaan.

3. Hindari membeli atau mengonsumsi makanan saat dalam penerbangan

Credit: id.pinterest.com

Saat ini, masih ada beberapa maskapai penerbangan yang masih menggunakan plastik untuk membungkus makanan maupun alat makannya. Ini bisa menyebabkan limbah plastik semakin banyak.

Membawa camilan atau makanan menggunakan kotak bekal sendiri merupakan solusi yang tepat dan ramah lingkungan. Mengemas makanan sendiri tidak hanya baik untuk planet, tetapi dapat mengurangi polusi di bumi dari sampah plastik sekali pakai.

4. Bawa alat makan sendiri

Credit: etsy.com

Ketika membeli makan saat berlibur, seringkali restoran fastfood menggunakan alat makan plastik sekali pakai. Coba, sebisa mungkin kamu bawa sendok dan garpu di dalam tasmu. Saat ini, sudah banyak peralatan makan yang simple, mudah dibawa kemana- mana, dan tidak memakan banyak tempat di dalam tas kamu.

5. Hindari menggunakan wadah plastik saat membeli makanan

Credit: bloomberg.com

Saat travelling, street food adalah salah satu wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Tapi, seringkali para pedangan jajanan kaki lima ini masih menggunakan plastik untuk membungkus makanan.

Jadi, coba bawa kotak makanmu sendiri saat sedang berpergian. Dan saat membeli jajanan, kamu bisa menggunakan kotak makanan yang sudah kamu bawa tersebut! Ramah lingkungan, kan?

 

Nah, itulah hal- hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik saat sedang travelling. Bumi kita ini sudah cukup tua, jadi jangan sakiti lagi dengan menggunakan terlalu banyak plastik. Yuk, sama- sama kita jaga bumi kita ini.

 

Featured Image - stocksy.com