Bisnis online saat ini semakin menjamur. Dalam urusan jual beli, banyak pedagang yang sudah mengalihkan aktivitasnya ke online. Banyak pebisnis online yang meraup untung tanpa perlu membuka toko atau lapak fisik.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk terjun ke bidang bisnis online, berikut ini 5 tips yang bisa kamu terapkan agar bisnis online mu dapat terus maju dan sukses. Simak ya penjelasannya.

1. Harus paham barang apa yang dijual

Credit: vitacost.com

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah barang yang akan kamu jual. Bahkan, kamu wajib mengetahui detail- detail produk yang akan kamu jual. Hal ini akan membantumu untuk mengetahui kualitas produk yang dijual dan berapa harga beli serta jual yang sesuai.

Selain itu, kamu juga harus memahami selera pasar, barang apa yang sedang orang- orang sukai pada saat ini dan model seperti apa yang mereka inginkan.

2. Riset competitor

Credit: thoughtco.com

Kamu harus benar- benar tahu kompetitormu. Caranya, mulai riset bagaimana mereka menjual produknya secara online. Kamu bisa cek di berbagai e-commerce yang ada.

Cari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang ingin beli. Dari sini kamu bisa belajar untuk menawarkan keunggulan bisnismu yang menjadi kelemahan di competitor. Misalnya, soal pembeli yang tidak suka direspons lama atau pengemasan barang yang tidak rapih.

3. Cari supplier

Credit: jurnal.id

Kamu boleh mencari supplier di pusar grosir. Selama hal ini tidak menyulitkan kamu untuk mengambil untung dari produk yang kamu jual. Atau kamu bisa mencari supplier sampai ke luar negeri atau bisa juga dengan mendatangi pengrajin- pengrajin yang ada di daerah.

4. Bikin brand yang bisa membuat orang percaya

Credit: cermati.com

Banyak yang memulai bisnis online dengan cara yang cukup asal- asalan. Mulai dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga logo yang dibikin. Padahal, kepercayaan orang- orang untuk membeli mulai dari citra bisnis itu sendiri.

Buatlah brand yang bisa membuat orang percaya, dan juga berikan kualitas yang bagus. Sehingga nantinya brand kamu ini lama kelamaan bisa melekat di pikiran banyak orang.

5. Promosi gratis hingga berbayar

Credit: thehill.com

Promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar dan juga gratis. Tapi, antara keduanya jelas lebih efektif yang berbayar, karena lebih bertarget. Saat ini berbagai media sosial menawarkan iklan berbayar yang ingin produknya semakin dikenal.

Memang ini terlihat cukup mahal, namun lewat iklan gratis pun tidak menutup peluang untuk kamu meraup untuk yang banyak, kok. Asal dari awal kamu sudah gencar mempromosikan brand-mu dengan baik.

 

Itu lima cara memulai bisnis online dari nol. Untuk kamu yang akan membuka bisnis online, coba terapkan kelima tips tersbut ya, dan semoga untung yang kamu dapatkan banyak! Selamat mencoba.

 

Featured Image - thedomainrevival.com