Memiliki karier sebagai seorang entrepreneur tidaklah mudah. Ada berbagai tantangan yang sering menjadi penghalang dalam mewujudkan kesuksesan, seperti kekurangan modal.

Ketatnya persaingan menuntut kamu untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif dalam membangun sebuah usaha. Dengan begitu, kamu harus bisa menghadirkan inovasi terbaru, agar produk yang ditawarkan selalu variatif dan tidak membosankan.

Jika kamu ingin menjadi entrepreneur sukses, kamu perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk yang bisa membawa usahamu pada kegagalan. Berikut ini kebiasaan- kebiasaan buruk tersebut.

1. Malas beraktivitas di pagi hari

Credit: bestlifeonline.com

Bangun di pagi hari memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada berbagai tantangan yang bisa membuat kamu jadi malas. Padahal, waktu di pagi hari merupakan kunci utama untuk meningkatkan produktivitas kerja dalam sehari.

Sebagai seorang entrepreneur yang ingin sukses, kamu harus bisa meninggalkan rasa malas dan mengubah kebiasaan, terutama di pagi hari. Luangkan waktu untuk berolahraga dan konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah.

2. Merasa punya banyak waktu

Credit: vodytech.com

Jangan beranggapan bahwa kamu memiliki banyak waktu. Jadi, cobalah untuk memanfaatkan setiap waktu yang dimiliki dan atur waktumu dengan baik untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, terutama yang berhubungan dengan usahamu. Hindari kebiasaan menunda atau membuang- buang waktu. Anggap saja waktu adalah uang, kamu lebih bisa menghargainya.

3. Merasa di atas segalanya

Credit: femina.co.id

Kesuksesan di hari ini bukan jaminan kamu akan sukses di hari esok. Jangan berpuas diri atau menganggap kamu lebih hebat dari orang lain.

Jika kamu tidak membenahi diri setiap saat, orang lain akan mudah masuk, bahkan menghancurkan kesuksesan yang telah kamu bangun. Coba, luangkah waktu untuk mencari celah atau kekurangan pada usaha yang sedang kamu jalani. Dan cari cara terbaik untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

4. Takut pada kegagalan

Credit: nbcnews.com

Sebelum sukses, seorang entrepreneur pasti pernah merasakan kegagalan. Namun, entrepreneur yang sukses melihat kegagalan sebagai pelajaran berharga dalam menuju kesuksesan.

Jika suatu saat nanti kamu mengalami kegagalan, jangan bersedih apalagi putus asa. Sebaiknya, cari penyebab kegagalanmu, lalu tetapkan strategi untuk mengubah kegagalan tersebut menjadi kesuksesan.

5. Tidak suka dikritik

Credit: bustle.com

Setiap entrepreneur pasti pernah dikritik, meskipun tata kelola yang diterapkan pada usaha mereka sudah bagus. Kamu tidak perlu sakit hati ketika staff atau pelangganmu mengkritik mekanisme kerja atau produk yang kamu miliki.

Anggaplah kritik tersebut sebagai masukan yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis kamu di kemudian hari. Lagipula, tidak semua kritik yang diberikan harus kamu aplikasikan ke dalam usahamu, ini semua perlu disesuaikan kembali dengan kondisi yang ada.

 

Banyak kebiasaan buruk yang perlu kamu hindari jika ingin menjadi pekerja yang sukses. Sembari mengubah kebiasaan, perbaiki pula gaya hidup dan pola pikirmu agar kesuksesan yang kamu dapatkan tidak setengah- setengah.

Perubahan yang kamu lakukan, termasuk menghindari kebiasaan buruk memang membutuhkan proses. Tapi, cobalah untuk menikmati prosesnya. Dengan begitu, kamu tidak pernah merasa bosan apalagi lelah dalam mengembangkan usahamu. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - entrepreneur.com