Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang. Memiliki cita rasa yang khas menjadikan kopi sebagai minuman favorit banyak orang.

Bila kamu salah satu pecinta kopi, kamu bisa mengunjungi 5 objek wisata dari sekian banyak tempat wisata kopi di Indonesia berikut ini. Apa saja objek wisata di Indonesia tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Satria Agrowisata

Credit: thebalibible.com

Kalau kamu sedang berkunjung ke Bali, jangan lewatkan untuk mengunjungi Satria Agrowisata. Disini terdapat beragam jenis kopi yang bisa kamu nikmati, mulai dari Robusta sampai kopi luwak. Selain itu, kamu juga bisa melihat proses pengolahan kopi disini. Satria Argowisata buka dari pukul 09.00- 18.00 WITA. Dan untuk masuk kesini, kamu perlu membayar Rp 50.000.

2. Alas Harum Agroturism

Credit: balipost.com

Satu lagi agrowisata kopi yang ada di Bali. Memadukan antara keindahan alam dengan beberapa spot dengan sentuhan kekinian, membuat Alas Harum Agroturism cocok deh untuk kamu kunjungi.

Disini kamu juga bisa melihat proses pembuatan kopi luwak dari awal sampai akhir. Alas Harum Agroturism buka mulai pukul 07.30 hingga 19.00 WITA. Dan untuk masuk ke objek wisata ini, kamu perlu membayar Rp 100.000.

3. De Karanganjar Koffieplantage

Credit: travel.tempo.co

Kebun kopi yang satu ini memiliki kafe dengan gaya kuno khas Belanda. De Karanganjar Koffieplantage terletak di Blitar, Jawa Timur. Tidak hanya café, kamu juga bisa menikmati tur di pabrik kopi yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00- 17.00 dan kamu perlu membayar Rp 15.000 saja sebagai tiket masuk.

4. Wisata Kebun Kopi Senaru

Credit: suara.com

Objek wisata ini cocok dikunjungi oleh kamu si pecinta kopi. Lokasi wisata Kebun Kopi Senaru terletak di dekat jalur pendakian menuju Gunung Rinjani, Lombok. Selain dapat menikmati keindahan kebun kopi, kamu juga bisa meliat keindahan air terjun dari atas ketinggian.

Disini tidak memiliki jam kunjung tertentu, sehingga kamu bisa datang sesuai keinginanmu. Dan Wisata kebun kopi ini tidak memberlakukan tiket masuk, sehingga gratis.

5. Kopi Banaran

Credit: travelingyuk.com

Kopi Banaran merupakan objek wisata yang terletak di Desa Gemawang, Kabupaten Semarang. Selain dapat menikmati berbagai koleksi, kamu juga dapat melihat langsung pengolahan kopi dari kebun hingga menjadi kopi siap saji di Museum Kopi Banaran.

Kopi Banaran buka setiap hari mulai dari pukul 07.00- 21.00 WIB. Sementara, museumnya buka dari pukul 07.00- 14.00 WIB saja. Dan untuk tiket masuk ke museumnya kamu perlu membayar Rp 5.000 dan tambahan Rp 20.000 bila tertarik melihat proses pengolahan kopi.

 

Itulah kelima objek wisata kopi di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Nah, kamu tertarik mendatangi yang mana dahulu, nih?

 

Featured Image - blibalitransport.com