Usia dua tahun adalah usia emas bagi seorang anak. Di usia ini, si kecil biasanya mengalami perkembangan pesat, mulai dari kepribadian sampai kemampuannya. Salah satu cara untuk menstimulasi keterampilan anak usia 2 tahun yaitu dengan memberikannya mainan yang dapat membantu tumbuh kembangnya.

Memberikan mainan untuk anak memang terkadang tricky, karena kamu pun perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kualitas mainan, keamanannya ketika digunakan oleh si kecil, manfaat, hingga harga.

Nah, agar kamu bisa memberikan mainan yang tepat, berikut ini beberapa jenis mainan yang aman dan bisa kamu berikan pada anak usia 2 tahun.

1. Mainan Balok

Credit: victoriachartcompany.com

Tidak hanya seru, menyusun mainan balok seperti Lego atau Duplo sangat baik untuk melatih kecerdasan anak usia 2 tahun. Berikan mainan balok dengan ukuran lebih besar untuk mengurangi risiko tersedak pada anak. Selain itu, pilih juga mainan yang diwarnai dengan menggunakan non-toxic paint ya.

Dengan permainan anak ini, si kecil bisa belajar mengenal warna dan betuk, serta meningkatkan kemampuan membangun bentuk dan kesabaran.

2. Stacking Toys

Credit: thewirecutter.com

Kamu pasti tahu mainan menyusun benda dari ukuran besar sampai kecil ini. Bentuknya pun bisa bermacam- macam, ada yang berbentuk gelas, lingkaran, atau bentuk- bentuk menarik lainnya. Mainan ini mengenalkan dan mengasah kemampuan spasial anak. Si kecil jadi bisa belajar mengenal warna, ukuran, dan belajar memecahkan masalah.

3. Bola

Credit: toyreviewexperts.com

Mainan untuk anak usia 2 tahun yang satu ini memang klasik, tetapi banyak disukai anak- anak. Apapun jenis bola dan cara bermainnya, anak- anak pasti akan selalu senang ketika memainkan bola. Apalagi, jika si kecil bermain bola di ruangan terbuka bersama teman- temannya.

Bermain bola dapat melatih kemampuan motorik anak, melalui gerakan melempar, menendang, dan menangkap. Selain itu, anak juga bisa mengenal teksur dan warna, serta belajar bermain dalam kelompok.

4. Masak- Masakan

Credit: toyreviewexperts.com

Sekarang mainan satu set dapur dan isinya sudah mudah ditemukan di berbagai toko mainan, ya. Mainan ini tidak hanya menarik, tetapi juga bisa memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak. Mainan masak- masakan bisa mengasah imajinasi anak, sehingga baik untuk meningkatkan kreativitasnya. Dan jika anak bermain masak- masakan dengan temannya, ini juga bisa mengajari anak untuk berbagi.

Manfaat lainnya, anak bisa sekalian belajar mengenal nama- nama makanan, perkakas dapur, cara mengatur meja makan, dan belajar keamanan di dapur.

5. Buku

Credit: studio5.ksl.com

Mungkin banyak yang mengira bahwa buku bukanlah mainan. Padahal, buku juga seru dan bermanfaat lho untuk anak usia 2 tahun. Pilih buku dengan gambar yang lucu dan unik, agar si kecil semakin tertarik.

Membiasakan anak untuk membaca sejak dini memiliki berbagai manfaat yang baik. Meskipun di umur 2 tahun biasanya anak belum bisa membaca, namun membacakan buku untuk anak bisa meningkatkan kosakata anak. Dengan begitu, ia jadi bisa belajar mengenal huruf dan angka. Ini merupakan modal penting untuk kelancaran membaca anak pada nantinya.

 

Nah, itulah kelima mainan anak untuk usia 2 tahun yang mampu menstimulasi kecerdasannya. Selain memberikan mainan, untuk mengoptimalkan kecerdasan dan tumbuh kembang si kecil, berikan makanan bergizi seimbang dan lengkapi dengan multivitamin Enervon-C Plus Syrup yang mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin D yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.

 

 

Featured Image - parenting.orami.co.id