Travelling saat ini merupakan kegiatan yang diminati banyak orang, terutama para milenial dan Gen Z. Walau aktivitas ini banyak disukai oleh anak muda, bukan berarti semua orang sudah mengerti tentang konsep smart travelling, lho.

Untuk itu, berikut ini beberapa hal yang biasanya hanya dilakukan oleh para smart traveller. Kamu termasuk ngga nih?

1. Mencari Sumber Informasi Perjalanan Sebanyak- Banyaknya

Credit: attorney.ninja

Di zaman digital ini, informasi yang kamu dapatkan pasti tidak hanya dari satu sumber saja, kamu bisa mengikuti akun tour and travel, platform ticketing, atau influencer yang hobi membagikan trip perjalanan di sosial media kamu.

Meskipun informasi ini bisa didapatkan lewat digital, ada baiknya kalau kamu juga mencari waktu untuk datang ke travel fair, agar kamu terbuka dengan banyaknya pilihan travelling yang tersedia. Membuat perbedaan itu penting, lho jadi cara informasi sebanyak- banyaknya.

2. Akomodasi yang Digunakan Smart Traveller Selalu Sesuai Dengan Kebutuhan Mereka

Credit: danamon.co.id

Akomodasi adalah salah satu faktor yang banyak menghabiskan budget. Untuk itu, penting untuk menyesuaikan kebutuhan, kemampuan dan juga budget yang kamu miliki. Misalnya, coba tentukan apakah kamu tidak masalah jika harus berbagi ruangan dengan orang asing? Atau apakah kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar kamarmu? Jika iya, berarti pilihan hostel tentu tidak akan jadi masalah untukmu. Jadi, jangan salah pilih ya!

3. Selalu Visioner Dalam Melihat Tanggal Libur dan Long Weekend

Credit: rimma.co

Bisa dibilang kalender para smart traveller ini seperti berjalan lebih cepat. Karena, mereka selalu tahu kapan tanggal- tanggal libur strategis yang tepat untuk ambil cuti atau long weekend yang pas buat staycation. Nah, jadi nggak heran ya kalau para smart traveller ini sudah sibuk pesan tiket perjalanan jauh- jauh hari bahkan bisa sampai satu tahun sebelum keberangkatan.

4. Travelling Tandanya Waktu Untuk Buka ‘Jastip’

Credit: merdeka.com

Travelling nggak bikin kantong kering kalau kamu tahu bagaimana cara menyiasatinya. Smart traveller biasanya nggak ragu untuk membuka “jastip”. Salah satu peluang mengapa jastip jadi sangat menjanjikan karena ada beberapa produk yang nggak bisa ditemukan di Indonesia.

5. Berteman Dengan Orang Lokal dan Traveller Lainnya

Credit: thatdidntquiteworkoutforme.wordpress.com

Ini juga aktivitas yang selalu dilakukan smart traveller nih. Saat berteman dengan orang lokal, kamu bisa tahu referensi tempat untuk dikunjungi bahkan bisa mengenal lebih dekat tentang kehidupan orang di tempat yang kamu datangi.

Dari traveller lain, kamu bisa mengetahui “review jujur” yang mungkin tidak tertulis di aplikasi atau blog orang tentang tempat yang akan kamu datangi.

 

Nah, itulah beberapa tanda yang sering dilakukan oleh para smart traveller saat sedang jalan- jalan baik di luar maupun dalam negeri. Kamu sudah termasuk smart traveller belum nih?

 

 

Featured Image - ampm.co.id