Banyak yang mengatakan bahwa passion diisi oleh berbagai hal yang menyenangkan, karena berkaitan erat dengan rasa suka, minat, bakat, dan jati diri seseorang. Namun, realitanya passion dalam bekerja memiliki sisi lain yang terkadang tidak kita sadari secara detail.

Nah, bisa disebut ini adalah tantangan passion dalam bekerja. Apa saja tantangan tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Mampu bekerja secara tim dengan orang yang berbeda karakter

Credit: bizjournals.com

Dalam dunia kerja, passion tidak hanya berhubungan dengan diri kita sendiri. Meskipun sudah sesuai dengan bakat dan minat kita, akan tetapi kalau sudah bekerja disebuah perusahaan, mau tidak mau kamu harus mengikuti aturan yang ada. Termasuk perintah untuk bekerja tim.

Biasanya, meskipun menyukai bidang yang sama, tetapi tiap manusia memiliki karakter dan watak yang berbeda. Kalau tidak bisa dikendalikan, mungkin saja hal ini mengganggu pekerjaanmu. Jadi, pastikan kamu memahami karakter rekan kerjamu, ya.

2. Harus berhadapan dengan deadline

Credit: kompasiana.com

Ruang lingkup passion dalam bekerja sangat luas. Tidak harus selalu berhubungan dengan apa yang kamu lakukan pada pekerjaanmu, melainkan seberapa besar tanggung jawab yang kamu punya. Misalnya, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal atau deadline.

3. Up to date terhadap sesuatu yang berkaitan dengan bidang pekerjaan

Credit: pemmzchannel.com

Kalau kamu seorang penulis, vlogger, atau memiliki pekerjaan sejenisnya pasti butuh melakukan beberapa riset atau paling tidak mencari sesuatu yang sedang happening untuk diulas. Nah, aktivitas seperti ini yang kadang membuat seseorang yang bekerja sesuai passion harus sedia dengan kuota, gadget, dan internet.

4. Dituntut selalu konsisten

Credit: news.okezone.com

Konsistensi juga sangat penting agar target yang ingin dicapai oleh perusahaan atau pekerjaanmu sendiri bisa terwujud. Yang menjadi masalah adalah terkadang ada beberapa kendala dari luar yang tidak bisa diduga. Kalau sudah begitu, kamu harus segera mencari jalan keluarnya.

5. Bisa menyelaraskan antara kondisi hati dan pekerjaan

Credit: happysandpit.com

Salah satu tantangan terberat dalam melakukan pekerjaan sesuai passion adalah ketika suasana hati sedang tidak karuan. Misalnya, kamu sedang bad mood, galau, patah hati, atau sedang sedih. Hal ini sudah pasti bisa menganggu konsentrasi dan fokusmu.

Maka dari itu, sebagai seorang yang melakukan pekerjaan sesuai passion, kamu harus bisa berdamai dengan keadaan agar pekerjaan tidak ikut berantakan karena masalah yang sedang dihadapi.

 

Mungkin hampir semua orang memerlukan waktu untuk melewati berbagai tantangan seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun, sebagai seorang manusia yang terus belajar, cobalah untuk menganggap passion itu sebagai terapi yang bisa memberikan dampak positif untuk kehidupanmu.

 

 

Featured Image - entrepreneur.com