Sudah cukup jelas kalau salah satu cara untuk terhindar dari paparan virus corona adalah memiliki daya tahan tubuh yang baik. Oleh karena itu, untuk mempunyai daya tahan tubuh yang maksimal, tentu membutuhkan nutrisi yang baik juga.

Setiap jenis nutrisi memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Bahkan beberapa di antaranya bisa membantu tubuh untuk terhindari dari serangan virus, terutama virus corona. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh dan terdapat di mana saja?

Berdasarkan salah satu penelitian di dalam Journal of Obesity & Weight Loss Therapy – setidaknya ada empat jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh:

 

Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Agar Terhindari Dari Paparan Virus Corona

 

Karbohidrat

credit: hellosehat.com

Menjadi sumber energi bagi sel-sel sistem kekebalan tubuh, karbohidrat adalah jenis nutrisi yang dikonversi menjadi energi dalam proses glikosis. Di dalam proses ini juga akan terproduksi sel-sel limfosit.

Sel limfosit ini berfungsi untuk mengenali protein pada permukaan patogen, membentuk antibodi dan juga mengeliminasi patogen yang merusak jaringan tubuh. Saat tubuh terpapar virus corona, sel-sel inilah yang pertama kali bereaksi.

 

Protein dan Asam Amino

credit: lifestyle.kompas.com

Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang penting untuk membentuk sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan nutrisi ini sama saja meningkatkan resiko untuk terpapar penyakit.

Kemudian, sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan asam amino berupa arginine dan glutamine. Asan amino sendiri adalah senyawa yang penting untuk pembentukan limfosit.

 

Vitamin dan Mineral

credit: amazine.co

Dua jenis nutrisi ini juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Hal ini berkaitan dengan fungsi dari vitamin serta mineral yang menjaga sel-sel kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, A, E, serta B kompleks adala yang dibutuhkan sekali oleh tubuh.

Untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, selain vitamin – mineral seperti selenium, zinc dan zat besi adalah jenis mineral yang dibutuhkan juga, lho. Selenium sendiri berfungsi menjaga kekuatan sel dan mencegah kerusakan DNA, zinc memicu proses kekebalan tubuh dan zat besi berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin C.

 

Antioksidan

credit: hellosehat.com

Dapat menangkal radikal bebas dan melindungai sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan, jenis nutrisi yang satu ini bisa membantu juga sistem imun untuk bekerja dengan optimal dan mencegah infeksi virus corona.

Banyak terdapat pada sayuran serta buah-buahan, tubuh bisa memperoleh antioksidan dalam bentuk vitamin C, E, D, serta vitamin A.

 

Sumber Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi

Agar Mempunyai Daya Tahan Tubuh yang Baik

 

Buah-buahan Sitrus

Jenis-jenis jeruk adalah buah-buahan sitrus yang mempunyai vitamin C yang melimpah. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang sangat penting untuk melawan infeksi virus.

 

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memiliki potensi untuk mencegah penularan virus corona, lho. Hal ini terkait dengan kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya. Dengan mengonsumsi brokoli, kamu akan memperoleh asupan serat, antioksidan lengkap dengan berbagai vitamin seperti vitamin C, A, dan E.

 

Bayam

Menjadi salah satu sumber vitamin C, flavonoid, dan beta karoten – bayam menjadi salah satu sayuran hijau yang juga dapat membantu mencegah penularan virus corona. Ketiganya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan membantu proses produksi sel darah putih.

 

Bawang Putih

Cukup ampuh untuk mengatasi pilek dan penyakit sejenisnya – bawang putih mempunyai senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini cukup ampuh untuk mencegah infeksi terutama pada saluran pernapasan.

 

Teh Hijau

Dikenal sebagai salah satu bahan yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau adalah salah satu pilihan tepat untuk dikonsumsi. Hal ini terkait dengan senyawa yang ada di dalamnya yang dapat memperkuat sel-T pada sistem kekebalan tubuh.

Untuk melengkapi semua hal di atas dan mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, perlu juga mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari. Dengan begitu, kamu menciptakan daya tahan tubuh yang optimal serta mengecilkan resiko untuk terkena penyakin menular seperti virus corona.

 

Feature Image - sehatq.com