Anak yang malas belajar memang bisa membuat orangtua jadi resah. Kamu pun jadi melakukan berbagai cara agar anak rajin belajar, mulai dari mendaftarkan les sampai membuat jam belajar yang harus ditaati anak.

Sebelum kamu mendaftarkan anak ikut les, ada baiknya jika kamu mencari tahu apa penyebab anak jadi malas belajar. Dengan begitu, kamu bisa menentukan hal apa saja yang harus kamu lakukan agar membuat si kecil rajin belajar.

Berikut ini berbagai alasan yang menyebabkan si kecil malas belajar, coba di perhatikan ya.

1. Kurang menyukai pelajarannya

Credit: parenting.orami.co.id

Ada anak yang menyukai matematika, ada pula yang tidak. Begitu juga dengan pelajaran Bahasa Indonesia, ada yang suka dan ada yang tidak. Hal ini wajar karena tiap anak memiliki minatnya masing- masing.

Alasan si kecil malas belajar bisa karena ia tidak menyukai pelajarannya. Atau bisa juga karena pelajarannya yang terlalu susah, materi yang membosankan, atau kurang suka dengan guru yang mengajarnya.

2. Sulit berkonsentrasi dalam waktu lama

Credit: liputan6.com

Tidak semua anak memiliki daya konsentrasi yang tinggi. Perhatikan, apakah si kecil cepat bosan saat baru belajar atau mudah terganggu konsentrasinya jika ada hal- hal yang terjadi di sekitar. Jika anakmu seperti itu, sebaiknya atur jam belajarnya agar tidak terlalu lama.

3. Memiliki cara belajar yang unik

Credit: mommiesdaily.com

Setiap anak pasti memiliki cara belajar yang berbeda- beda. Ada anak yang lebih senang belajar dengan mendengarkan, ada yang lebih suka membuat visualisasi, atau dengan cara mengingat. Cari tahu bagaimana gaya belajar anak, mungkin saja selama ini ia malas belajar karena caranya yang tidak sesuai.

4. Sering bermain gadget

Credit: liputan6.com

Kemudahan teknologi memang bisa membuat anak jadi semakin malas belajar. Permainan- permainan yang ada di gadget bisa membuat mereka lupa waktu. Jadi, coba atur jam bermain gadgetnya agar si kecil tidak lagi malas belajar. Batasi waktunya bermain gadget agar ia tidak kecanduan.

5. Tidak memiliki panutan

Credit: independent.co.uk

Anak suka meniru tingkah laku orangtua atau orang dewasa di sekitarnya. Rasa malas belajar pada anak bisa jadi karena tidak ada sosok yang bisa ia jadikan sebagai panutan. Jika kamu ingin anak jadi rajin belajar, kamu bisa memberi contoh kebiasaan baik, seperti baca buku dan kurangi main gadget.

6. Kurang merasa tertantang

Credit: verywellfamily.com

Anak juga bisa malas belajar karena ia tidak merasa cukup tertantang dengan hal yang ia kerjakan. Hal ini biasanya terjadi pada anak- anak punya kecerdasan lebih. Tidak adanya tantangan itu membuat ia menarik diri dengan tidak mengerjakan tugas, atau tidak ingin belajar karena bosan. Jika si kecil termasuk ke dalam tipe ini, kamu bisa membuat suasana belajar jadi lebih menantang.

 

Nah, itulah beberapa alasan mengapa anak malas belajar. Coba perhatikan kembali hal- hal tersebut, setelah kamu mengetahui apa penyebab anak malas belajar, kamu bisa menentukan tindakan tepat apa yang perlu kamu lakukan.

 

 

Featured Image - scholastic.com