Cara mencegah virus corona ada berbagai macam, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Bagi tubuh, vitamin C dapat mendukung dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh dalam melawan berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona.

Manfaat Vitamin C Untuk Mencegah Virus Corona

Topik penularan virus corona sendiri sudah ramai dibicarakan sejak awal tahun 2020 ini. Virus corona merupakan virus yang menyerang dan menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan seperti hidung, sinus, dan sistem saluran napas atas.

Gejala virus corona mirip dengan flu dan batuk pada umumnya. Namun, ketika sistem imun tubuh semakin melemah, virus corona dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti bronchitis dan pneumonia.

Peran vitamin C disini berfungsi untuk melawan berbagai virus maupun bakteri. Karena ketika sistem imun tubuh sudah kuat, maka tubuh pun bisa terhindar dari virus atau bakteri, termasuk virus corona. Berikut ini peran penting vitamin C untuk mencegah virus corona, yuk simak ulasannya!

1. Menjaga daya tahan tubuh

Credit: otcdigest.id

Setiap penyakit yang menyerang tubuh sebenarnya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang sedang lemah. Kekurangan vitamin C bisa menjadi alasan seseorang mudah sakit. Vitamin C biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubh dalam mencegah penyakit apapun, termasuk virus corona.

Vitamin C berperan meningkatkan kinerja sel Natural Killer untuk mencari dan membunuh sel kanker atau sel lain yang bisa membahayakan tubuh. selain itu, vitamin C juga berfungsi mendukung kerja neutrofil, sel pertama dari kekebalan tubuh yang merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus.

Vitamin C akan membantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus atau bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. Limfosit merupakan sel darah putih yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Membantu penyembuhan batuk, pilek, dan flu

Credit: halodoc.com

Vitamin C dapat membantu penyembuhan flu, batuk, dan pilek dengan mencegah terjadinya komplikasi serius. Dalam beberapa kasus, batuk, pilek, dan flu dapat berkembang menjadi pneumonia dan infeksi paru- paru, seperti yang disebabkan oleh virus corona. Namun, vitamin C bisa menurunkan risiko terjadinya kasus ini.

3. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Credit: hellosehat.com

Tidak hanya untuk kesehatan kulit saja, vitamin C juga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Seperti, berperan dalam penyembuhan luka. Bahkan, kandungan vitamin C mampu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi.

4. Menangkal radikal bebas

Credit: soco.id

Vitamin C menganung antioksidan yang dapat menangkal dampak buruk radikal bebas,  terutama untuk kamu yang sering terpapar polusi.

Radikal bebas berisiko menyebabkan penyakit seperti kanker, gangguan jantung, dan artritis. Oleh karena itu, vitamin C merupakan kunci utama untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit, termasuk virus corona.

Tips Melawan dan Mencegah Virus Corona

Mencegah virus corona bisa kamu mulai dari diri sendiri. Ikuti tips berikut ini untuk mencegah dan melawan virus tersebut.

Konsumsi vitamin C yang bisa bertahan selama 24 jam untuk menjaga daya tahan tubuh

Credit: wolipop.detik.com

Seperti yang sudah diketahui, vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Penularan virus corona ini erat kaitannya dengan daya tahan tubuh yang rendah.

Kebutuhan vitamin C dapat dipenuhi dari berbagai sumber seperti jeruk, brokoli, tomat, bayam, dan kol. Namun, seringkali kandungan vitamin C di dalam buah maupun sayuran kurang optimal. Untuk itu, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi multivitamin.

Konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah sakit. Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah. Kedua multivitamin ini aman di lambung dan tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan tubuh.

Gunakan masker

Credit: castanet.net

Virus corona dapat ditularkan melalui batuk atau sentuhan tangan yang telah terkontaminasi oleh virus. Sebelum berpergian, terutama ke luar negeri, kamu harus menyediakan masker sebagai pelindung mulut dan hidung. Menggunakan masker merupakan langkah preventif untuk mencegah penularan virus corona.

Menjaga kebersihan diri

Credit: asmaraku.com

Mencuci tangan merupakan upaya sederhana namun efektif untuk mencegah penularan penyakit, termasuk virus corona. Usahakan untuk tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut sebelum kamu mencuci tangan.

Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah batuk atau bersin, dan setelah berpergian. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 90%.

 

Itulah pentingnya vitamin C dalam melawan virus corona dan bagaimana cara untuk mencegah tertular virus tersebut. Sebisa mungkin, hindari pergi beraktivitas ke luar ruangan jika kamu merasa tidak enak badan. Karena, sistem imun yang rendah saat sakit, bisa membuka peluang penularan virus corona.

Dan jangan lupa lakukan langkah pencegahan tersebut, terutama ketika kamu memiliki rencana berpergian ke luar negeri.

 

Featured Image - dermaquestinc.com