Banyaknya pilihan mainan anak seringkali membuat orangtua jadi bingung ingin membelikan yang mana. Sedangkan, ketika si kecil dibawa ke toko mainan langsung terlihat sangat antusias ingin memiliki semuanya.

Namun, sayangnya tidak semua mainan anak bersifat mendidik dan memiliki dampak buruk untuk kecerdasan anak. Mainan yang baik adalah yang edukatif dan dapat merangsang kreativitas anak. Memberikan jenis mainan seperti itu dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan dasarnya, seperti kognitif, sensorik, motorik, serta kreativitasnya.

Masalahnya, saat ini tidak sedikit orangtua yang mengalami kesulitan dalam memilih mainan anak yang tepat untuk mereka. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih mainan untuk anak.

1. Diawali dari mainan sederhana

Credit: theconversation.com

Tidak perlu jauh- jauh ke toko mainan, kamu bisa memanfaatkan barang- barang yang ada di rumah. Menyediakan buku gambar atau kertas putih polos dan spidol warna, kamu bisa membebaskan anak membuat berbagai coretan.

Kamu juga bisa menyiapkan kertas lipat dan bantu anak membuat bentuk- bentuk tertentu. Sediakan pula pilihan warna kertas lipat yang beragam agar lebih menarik.

2. Usia anak

Credit: todaysparent.com

Mainan dibuat berdasarkan kebutuhan anak dalam mencapai tahapan tumbuh kembangnya. Maka, sebaiknya berikan mainan yang sesuai dengan usia anak, agar ia bisa menikmati kegiatan bermain, tidak mengalami kesulitan yang dapat mengakibatkan ia mengalami frustasi, atau terlalu mudah karena bisa membuat si kecil jadi cepat bosan.

3. Manfaat mainan

Credit: todaysparent.com

Selain menyenangkan, tentu saja mainan yang mendidik dapat memberikan manfaat yang lebih, terutama dalam membantu tumbuh kembang si kecil, seperti dapat mengembangkan motorik kasar dan halus, kognitif atau problem solving, bahasan dan sosial emosional, kreativitas, dan sensoris anak.

4. Kesukaan anak pada saat ini

Credit: sheknows.com

Biasanya, anak memiliki tema atau suatu hal yang menjadi kesukaannya di periode waktu tertentu. Memberikan mainan sesuai dengan kesukaan pada saat itu tentu saja sangat menyenangkan bagi si kecil. Namun, orangtua juga dapat memberikan mainan dengan tema yang berbeda sesekali, agar anak mengenal kegiatan lainnya.

5. Mainan yang sesuai dengan lingkungan sekitar

Credit: klaschoolskendall.com

Menyiapkan mainan mendidik bagi anak juga bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitar tempat tinggal. Jika kamu tinggal di Kawasan yang banyak tersedia tanah lapang, kamu bisa mengajaknya untuk membuat kincir atau layangan dan mainkan di luar.

Jika di sekitar banyak anak kecil yang seusia dengan si kecil, sediakan mainan yang bisa dimainkan banyak orang sekaligus. Suasana bermain akan jadi makin seru, dan dapat melatih si kecil berinteraksi dengan banyak orang.

6. Orangtua adalah ‘mainan’ terbaik bagi anak

Credit: happyfamilies.com.au

Sebaik dan sebanyak apapun permainan yang ada, orangtua adalah edukasi terbaik bagi anak. Momen bermain bersama anak dapat mempererat ikatan dengan anak. Komunikasi yang terjalin dengan baik antar anak dan orangtua baik untuk perkembangan mental dan pembentukan karakternya. Nantinya, sampai anak dewasa nanti ia jadi terbiasa untuk membagikan cerita dan menikmati momen bersama orangtua.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih permainan mendidik untuk anak. Gimana nih, apakah kamu sudah mulai menerapkannya pada si kecil?

 

Featured Image - spielwarenmesse.de