Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, bahasa, dan budaya. Seperti yang kamu sudah ketahui, Indonesia memiliki banyak sejarah. Jadi, penting untukmu mempelajari sejarah Indonesia, terutama generasi muda penerus bangsa.

Tidak termakan oleh waktu, jejak sejarah ini bisa kamu lihat dari berbagai lokasi wisata bersejarah di Indonesia seperti yang berikut ini.

1. Candi Borobudur dengan 504 patung Buddha

Credit: news.detik.com

Siapa sih yang tidak mengenal Candi Borobudur? Candi yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah ini memiliki 504 patung Buddha yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, candi ini termasuk candi terbesar di dunia yang memiliki 42 m dan ketinggiannya yang mencapai 10 tingkat.

2. Candi Prambanan dengan sejarahnya, yaitu Roro Jonggrang

Credit: toriqa.com

Kamu pasti pernah mendengar cerita tentang Roro Jonggrang. Nah, Candi Prambaran ini diawali dengan legenda Roro Jonggrang. Memiliki corak Hindu, candi ini memiliki nama lain sebagai kompleks Seribu Candi. Menjulang setinggi 47 meter dengan ornament candi yang mengagumkan, candi ini terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

3. Lawang Sewu yang penuh dengan cerita mistis

Credit: tiketextra.com

Bangunan ini dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Pembangunan Lawang Sewu sendiri terbilang cukup lama, yaitu sekitar 3 tahun. Setelah kemerdekaan RI, bangunan ini digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Dalam bahasa Jawa, lawang artinya pintu, sedangkan sewu berarti seribu. Sehingga, Lawang Sewu berarti seribu pintu. Bangunan ini memang memiliki pintu yang sangat banyak, namun ternyata jumlahnya tidak mencapai 1.000 pintu.

Memiliki 3 lantai, Lawang sewu memiliki arsitektur yang cukup unik dan memiliki dua patung wanita Belanda di lantai utama dekat tangga naik lantai dua.

4. Gedung Sate, yang digunakan sebagai pusat pemerintahan kota Bandung

Credit: id.wikipedia.org

Untuk kamu Warga Bandung pasti sudah mengenal bangunan ini. Gedung Sate sampai saat ini masih aktif digunakan sebagai pusat pemerintahan kota Bandung, lho.

Gedung satu memiliki ornament unik dengan enam tusuk sate yang berada di atas Menara sentral, yang melambangkan bahwa bangunan ini menghabiskan enam gulden dalam pembangunannya. Bahkan, Gedung Sate ini tidak hanya populer di Bandung, tapi juga di Jawa Barat!

5. Taman Sari, yang sempat dijadikan wisata bagi keluarga kerajaan

Credit: tour-yogyakarta.com

Terletak di Jogjakarta dan merupakan bagian dari Keraton, Taman Sari dulu digunakan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga kerjaan. Bangunannya yang unik dan digunakan pula sebagai banteng pertahanan sejak zaman penjajahan menjadikannya sebagai cagar budaya.

Disini terdapat kolam pemandian, danau dan pulau batan, taman, dan jembatan gantung yang bisa kamu kunjungi.

Nah, itulah kelima tempat wisata bersejarah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi! Selain kelima bangunan di atas, masih banyak wisata bersejarah lainnya yang harus kamu kunjungi. Kamu jadi bisa menambah wawasan tentang sejarah Indonesia, sekaligus refreshing. Menyenangkan bukan?

 

Featured Image - wisataalamjawa.com