Dalam mengantisipasi penularan virus corona atau COVID-19, perlu dilakukan di berbagai tempat dan lingkungan, termasuk di lingkungan kerja. Kantor dapat menjadi tempat dengan risiko penularan tinggi, karena tingginya mobilitas.

Agar virus corona tidak masuk ke lingkungan kerjamu, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Apa saja cara tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Memeriksa Suhu Tubuh

Credit: suara.com

Memeriksa suhu tubuh tiap orang merupakan salah satu cara mencegah penularan virus corona. Suhu tubuh yang tinggi dapat menjadi tanda-tanda seseorang terserang virus corona, atau sedang tidak sehat.

Setiap orang yang memiliki suhu tubuh tinggi sebaiknya istirahat di rumah. Karena ketika seseorang sedang sakit, maka ia lebih rentan tertular dan menularkan penyakit. 

2. Mencuci Tangan

Credit: tribunnews.com

Tangan merupakan media penularan virus karena sering bersentuhan langsung dengan benda- benda lain. Selain itu, tangan sering menyentuh mulut, mata, atau hidung sehingga besar kemungkinan virus atau bakteri bisa masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, WHO menyarankan untuk cuci tangan selama 20 detik dengan air dan sabun. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri. 

3. Membersihkan Meja

Credit: properti.kompas.com

Virus corona dapat hidup pada benda mati. Jadi, cobalah untuk rutin membersihkan dan mengelap meja kerja kamu. Karena bisa saja ada seseorang yang batuk atau bersin, kemudian virusnya tertinggal di meja dan bisa meningkatkan risiko seseorang tertular virus tersebut.

4. Gunakan Masker

Credit: fallriverreporter.com

Orang yang sedang sakit sebaiknya gunakan masker bedah, terutama ketika berada di tempat keramaian seperti lingkungan kerja.  Menggunakan masker pada orang sakit bisa menurunkan risiko penularan penyakit ke orang lain di sekitarnya.

5. Etika Batuk dan Bersin

Credit: hype.grid.id

Terapkan etika batuk dan bersin yang baik agar tidak menularan penyakit ke orang lain. Tutuplah mulut dan hidung ketika batuk dan bersin dengan menggunakan tisu, kemudian langsung buang tisu tersebut dan cuci tangan. Jika tidak ada tisu, gunakan lengan atas untuk menutup hidung dan mulut ketika kamu sedang bersin atau batuk. 

 

Kelima cara tersebut bisa kamu terapkan untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan kantor. Selain kelima cara di atas, agar tidak tertular virus corona, hal yang penting adalah menjaga sistem daya tahan tubuh kamu. 

Terapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi waktu istirahatmu, penuhi kebutuhan cairan, olahraga rutin, dan konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B Kompleks agar kamu tidak mudah sakit.  Ketika daya tahan tubuhmu sudah kuat, maka tubuhmu akan terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit.

 

Featured Image - thehealthy.com