Work life balance itu penting untuk dimiliki, namun ternyata masih banyak orang yang terlalu asyik bekerja, sampai mengabaikan kehidupan ‘nyata’ yang kamu miliki di kantor. Atau mungkin terlalu fokus pada kehidupan pribadi sampai pekerjaan kantor tidak dapat diselesaikan.

Ketika kamu memiliki work life balance maka hubunganmu dengan orang sekitar maupun pekerjaanmu bisa berjalan dengan baik, lho.

Nah, kalau kamu masih sulit untuk mendapatkan work life balance, yuk coba 5 tips berikut ini yang bisa kamu terapkan.

1. Kurangi Sifat Perfeksionis

Credit: ioatwork.com

Hal yang sering menyebabkan seseorang sulit memiliki work life balance adalah perfeksionis. Menjadi perfeksionis tidaklah salah, tapi ada baiknya kamu harus tetap fokus mengerjakan yang terbaik, tanpa harus menjadi sempurna.

Sedikit kesalahan itu wajar, lho! Namanya juga manusia, pasti ada kesalahan dan kekurangan. Justru ketika kamu mengurangi sifat perfeksionis, hidupmu akan terasa lebih ringan dan tidak menjadi beban bagimu.

2. Jauhi Gadget

Credit: cosmopolitanfm.com

Terus menerus bermain gadget juga penyebab kamu sulit mendapatkan work life balance. Hal ini dapat membuat waktumu terbuang, kualitas istirahat jadi menurun, dan tidak memiliki work life balance. Mulai sekarang, coba kurangi waktu bermain gadget dan nikmati kehidupan yang kamu miliki.

3. Tentukan Hal yang Menjadi Prioritas

Credit: 3blmedia.com

Coba deh cek, dalam waktu 24 jam yang kamu miliki, seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk benar- benar produktif? Jika kamu merasa masih sering buang- buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat. Mulai sekarang tentukan apa yang jadi prioritas bagimu dan kurangi aktivitas yang kurang penting.

Bermain media sosial atau menonton film itu memang boleh, anggap saja ini sebagai refreshing. Tapi, kamu harus tetap tahu yang mana yang jadi priortiasmu ya, agar work life balance bisa berjalan dengan baik.

4. Keluar Dari Zona Nyaman

Credit: gatewaypn.com

Saat ini mungkin kamu sedang ada di zona nyaman, dengan semua rutinitas yang biasa kamu lakukan. Tapi, coba perhatikan kembali, apakah ada perubahan yang bisa kamu lakukan agar hidup menjadi lebih baik? Misalnya, kamu bisa membenahi tempat kerjamu yang berantakan dan selama ini membuatmu susah untuk mencari barang.

Memang sih terasa nyaman, tapi kalau kamu bisa membuat perubahan baik di hidupmu, mengapa tidak?

5. Belajar Berkata Tidak

Credit: thecorporateslacker.com

Salah satu hal yang sulit dilakukan yaitu mengatakan ‘tidak’ pada orang lain. Apalagi, jika kamu adalah orang yang tidak enakan dan sulit menolak ajakan orang lain.

Namun, agar work life balance kamu bisa tercapai, belajar mengatakan ‘tidak’ itu penting. Apalagi jika kamu diminta bantuan, namun pekerjaanmu sendiri sudah banyak. Ingat, yang jadi prioritasmu adalah pekerjaan kamu sendiri, baru membantu orang lain jika masih sanggup.

Membantu orang lain itu sangat boleh dilakukan, tapi jangan sampai hal ini memberatkan dirimu dan pekerjaan serta tanggung jawabmu jadi berantakan ya.

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik, lho. Termasuk kerja ataupun santai yang berlebihan. Ketika kerja berlebihan, kamu bisa sakit dan pekerjaan pun jadi terbengkalai Sementara, terlalu santai dapat membuat pekerjaanmu jadi tidak selesai.

Karena itu, coba yuk seimbangkan keduanya agar work life balance bisa tercapai!

 

Featured Image - parade.com