Penularan virus corona yang terjadi di dunia saat ini, membuat banyak orang berbondong- bondong membeli cairan disinfektan. Ini digunakan untuk membersihkan barang- barang yang kamu miliki, terutama kalau dalam kurun waktu ini kamu pernah melakukan perjalanan.

Salah satu benda yang wajib dibersihkan adalah koper. Nah, berikut ini tips membersihkan koper dengan menggunakan disinfektan, agar terhindar dari bakteri dan virus.

Roda Koper

Credit: kickstarter.com

Roda merupakan bagian terpenting untuk dibersihkan. Tentu saja karena roda adalah bagian yang paling sering menyentuh permukaan, seperti lantai.

Semprotkan disinfektan untuk membersihkan kotoran pada roda, kemudian lap sampai bersih. Dan pastikan kamu memutar tiap roda agar bersih secara menyeluruh.

Pegangan Koper

Credit: insidehook.com

Pegangan koper bisa menjadi sarang kuman, karena paling sering disentuh dengan tangan yang sebelumnya sudah menyentuh benda- benda lainnya.

Bersihkan pegangan koper dengan cara yang sama seperti membersihkan roda. Namun, sebelumnya Tarik dulu pegangan kopernya. Kemudian, bersihkan pegangan, tombol, dan lubang atau bagian yang cekung di koper. Dan biarkan terbuka hingga benar- benar kering.

Bagian Luar Koper

Credit: adweek.com

Koper hardcase dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap dan disinfektan. Periksa sudut yang sulit dijangkau, seperti bagian bawah koper. Karena, bagian ini kemungkinan besar dapat menyimpan banyak kotoran.

Bersihkan bagian luar koper dengan cara yang sama seperti membersihkan roda dan pegangan koper, ya.

Bagian Dalam Koper

Credit: thewirecutter.com

Ketika membersihkan bagian dalam koper, berikan perhatian khusus pada daerah risleting dan kantung dalamnya. Karena, bagian tersebut bisa saja menjadi tempat berkumpulnya kotoran penyebab bakteri dan virus, bahkan bisa jadi tempat serangga bersembunyi.

Setelah dibersihkan, biarkan koper mengering terlebih dahulu sebelum disimpan. Hindari menyimpan koper dalam keadaan lembab, karena dapat menyebabkan timbulnya jamur.

Menghilangkan Kutu Dari Koper

Credit: idntimes.com

Jika kamu merasa kopermu telah dihinggapi kutu atau terlihat sangat kotor selama perjalanan, sebaiknya hindari membawa koper tersebut ke dalam rumah. Biarkan di luar atau di garasi saja.

Kamu bisa menjemur koper di bawah matahari selama kurang lebih 1- 2 jam, atau bisa menggunakan alat pemanas portable selama 90 menit, agar kutu atau kuman dan bakteri bisa hilang. Setelah itu, kamu bisa membersihkan koper dengan lap dan cairan disinfektan. Kemudian biarkan mengering.

Nah, itulah kelima tips untuk membersihkan koper, terutama setelah kamu melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk diterapkan ya! Agar kamu dan keluarga selalu terhindar dari kuman, bakteri, atau virus penyebab penyakit.

 

Featured Image - familyvacationcritic.com