Insomnia merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh banyak orang. Insomnia sendiri dapat menimbulkan dampak pada kesehatan, salah satunya stress akibat sulit tidur. Pada saat yang sama, stress berkepanjangan juga dapat memperburuk kualitas tidur dan bisa memperburuk insomnia.

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang tidur kurang dari 4,5 jam sehari selama seminggu cenderung lebih mudah marah, dan kelelahan secara emosional.

 

Untuk mengatasi insomnia dan stress akibat sulit tidur, ada beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan, seperti:

 

1. Mengatur jadwal tidur secara bertahap

Credit: Hipwee

Setiap orang pasti menginginkan waktu tidur yang optimal dalam waktu cepat, namun penyesuaian waktu tidur sebaiknya kamu lakukan secara bertahap, agar nantinya lebih mudah untuk dijalani.

Jika kamu terbiasa tidur selama 4 jam sehari, aturlah sesuai durasi tersebut. Kemudian, tambahkan 15 menit pada malam berikutnya. Dan setelah beberapa malam, tambahkan 15 menit lagi hingga kamu terbiasa dengan pola ini.

Cobalah untuk mempertahankan jam tidur dan jam bangun kamu. Hindari melakukan tidur ‘balas dendam’ selama belasan jam pada akhir pekan hanya karena waktu tidur kamu selalu kurang pada hari kerja. Karena hal ini sebenarnya tidak dapat mengatasi stres akibat susah tidur.

 

2. Hindari beragam gangguan sebelum tidur

Credit: Hipwee

Sebisa mungkin, hindari penggunaan gadget sebelum kamu tidur. Persiapkan waktu tidur kamu dengan merilekskan tubuh dan ciptakan lingkungan yang mendukung untuk tidur nyenyak. Kamu bisa mencoba untuk mandi air hangat, melakukan stretching, bermeditasi, mendengarkan musik, atau membaca buku sembari menunggu rasa ngantuk.

 

Kamu tidak perlu memaksakan diri, ketika belum bisa langsung terlelap. Beberapa menit sekali, cobalah mengganti kegiatan yang dapat dilakukan sampai kamu merasa ngantuk. Dan kegiatan yang dilakukan sebelum tidur ini, sebaiknya yang ringan dan tidak menstrimulasi tubuh kamu.

 

3. Membatasi konsumsi zat tertentu

Credit: Internet Sehat

Rasa stress akibat susah tidur yang kamu alami, bisa juga dipengaruhi oleh apa yang kamu konsumsi. Jika kamu sedang berusaha mengatasi insomnia, maka kamu perlu membatasi konsumsi kafein, alkohol, dan hindari kebiasaan merokok.

Kafein akan membuat kamu kesulitan tidur dan lebih mudah terbangun pada tengah malam. Begitu pula dengan alkohol serta nikotin pada rokok.

 

4. Kesampingkan pikiran-pikiran yang mengkhawatirkan

Credit: Hipwee

Meskipun kamu seringkali mengkhawatirkan rencana esok hari, cobalah untuk melupakannya sejenak. Pikiran yang mengkhawatirkan dapat memperburuk insomnia, sehingga stress yang kamu alami akan semakin parah.

 

5. Mencari bantuan profesional

Credit: IDN Times

Sulit tidur yan kamu alami bisa jadi berasal dari masalah psikologis. Cobalah mencari bantuan profesional dari psikolog, untuk mengatasi stress akibat susah tidur yang seringkali mengganggu kamu.

Seorang psikolog biasanya menyarankan terapi kognitif dan perilaku untuk mengetahui apa yang jadi penyebabnya. Selain digunakan untuk mengatasi stress akibat sulit tidur, terapi ini juga dapat melatih kamu untuk mengatasi masalah melalui perbaikan kebiasaan.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk menyimpan sebuah jurnal pribadi untuk mencatat kebiasaan yang saja yang bisa membuat dirimu terganggu. Hal ini akan membantu terapis untuk memberikan penanganan yang tepat.

 

Featured Image - Hello Sehat