Buat kamu yang sedang program untuk mempunyai anak, ada beberapa hal yang tentunya wajib kamu perhatikan. Salah satunya adalah membentuk atau menciptakan bonding atau ikatan batin yang kuat antara si ibu dan anak nantinya.

Percaya atau tidak – menciptakan ikatan batin yang kuat dan baik tidak perlu menunggu si anak lahir ke dunia, tapi bisa dimulai dari ia berada di dalam kandungan. Bahkan, pada masa itu – adalah salah satu masa-masa emas untuk kamu ciptakan bonding yang kuat.

 

 

Dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, fit dan optimal, menjaga asupan makanan bernutrisi serta minum multivitamin yang dianjurkan – bayi yang kamu kandung juga akan ikut merasakan mood sehat yang kamu ciptakan, lho.

Nah, setelah nanti si anak lahir – penciptaan ikatan batin itu akan terus berjalan, lho. Tapi ada beberapa hal yang mesti kamu hindari seperti sindrom baby blues yang tentu saja membutuhkan waktu untuk penyesuaian lagi.

Terkait dengan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, di bawah ini setidaknya ada sembilan cara cerdas untuk bantu kamu ciptakan bonding atau ikatan batin yang luar biasa indah dengan si anak. Penasaran bagaimana saja cara-caranya? Sila simak bahasan kali ini ya!

 

Mulai Dari Kandungan!

credit: kompas.com

Dari kamu yang sedang mengandung – cara pertama untuk menciptakan ikatan batin yang luar biasa adalah dengan menjaga diri kamu sendiri. Atur pola makan dengan baik, pastikan kebutuhan nutrisi serta daya tahan tubuh tetap terjaga prima, dan tentunya jaga mood serta perhatikan tingkat stress kamu.

Di masa kehamilan ini kamu juga bisa memerhatikan dan coba memahami apa arti tendangan yang diberikan si bayi dari dalam. Respon balik dengan mengajak ia bercanda, tertawa – bahkan kamu bisa kok mengajaknya bercerita.

Mengajaknya berbicara dengan membaca buku atau memperdengarkan musik-musik halus kepada ia yang ada di dalam perut mu adalah salah satu cara terbaik untuk membangun ikatan batin yang kuat, lho.

 

Saat Menyusui

 

Di tahap ini – tentu kamu sudah bisa melihat langsung bagaimana si kecil tumbuh besar. Saat sedang menyusui – coba perhatikan bagaimana ekspresi wajahnya. Berikan si kecil senyuman hangat, tertawa yang ringan, dan pahami bagaimana si anak berusaha kontak dengan kamu dengan kedipan mata.

Jika menangis, tidak perlu panik ya. Menangis adalah satu-satunya cara bagi si kecil untuk berkomunikasi dengan kamu. Pahami tangisannya, tenangkan dengan mengajaknya bercerita, atau kamu bisa bersenandung ringan untuk si kecil.

 

Skin to Skin

credit: alodokter.com

Sentuhan kulit ke kulit – percaya atau tidak ini mampu untuk membuat ikatan batin atau bonding kamu dengan si kecil semakin kuat, lho. Hal ini terkait dengan rasa yang muncul ketika kulit bertemu kulit. Rasa nyaman, aman, bahagia – bisa dirasakan oleh si kecil.

 

Berikan Perhatian Penuh!

 

Dengan memerhatikan setiap ekspresi serta reaksinya si kecil – lambat laun kamu akan mengetahui dengan mudah apa yang ia sukai dan tidak. Hal ini tentunya akan membuat kamu dengan mudah untuk terus membangun bonding yang kuat!

 

Catat Rutinitasnya

 

Masih terkait dengan cara sebelumnya – lanjutannya adalah kamu bisa mencatat rutinitas si kecil dari pagi hingga malam. Dengan begini – kamu tentu jadi sangat paham bagaimana dia mengekspresikan dirinya dengan berbagai bahasa tubuh!

 

Temani Saat Tidur dan Bangun

 

Untuk bantu kamu ciptakan ikatan batin yang kuat – salah satu cara lainnya adalah menemani saat si kecil tidur dan bangun. Pastikan, jika ia bangun tidur – tidak sampai menangis. Hal ini tentu terkait dengan mood si kecil untuk satu hari itu.

 

Seringlah Menggendong si Kecil!

 

Daripada ditaruh di stroller atau peralatan lainnya – untuk bantu kamu ciptakan bonding yang kuat, menggendongnya adalah salah satu cara cerdas, lho. Dengan digendong, si kecil juga akan bisa merasakan apa yang kamu rasa.

Walau terkadang tidak mau turun – pastikan kamu bisa bergantian dengan pasangan untuk saling gendong si kecil, ya!

 

Biasakan Pamit Jika Ingin Pergi

 

Kalau kamu adalah orang tua karir – pastikan jika kamu ingin pergi bekerja, pamit terlebih dahulu dengan si kecil ya. Hal ini bisa menguatkan ikatan batin kamu dengannya, lho. Walau terkadang tidak mau ditinggal, tapi pastikan kamu pamit dengannya ya!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai cara di atas, bisa kamu terapkan untuk mendapatkan bonding atau ikatan batin yang kuat dengan si kecil, ya!

 

Feature Image - tribunnews.com