Salah satu cara efektif untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menjaga kebersihan. Cara ini harus dijalani agar penyebaran virus corona dapat melambat.

Menjaga kebersihan, terutama selama pandemi virus corona ini tidaklah sulit. Dan cara ini juga wajib kamu kenalkan dan ajarkan pada anak, agar mereka dapat belajar menjaga kebersihan diri.

Lalu, langkah- langkah apa saja yang sebaiknya kamu lakukan dalam menjaga kebersihan selama pandemi virus corona? Berikut ini ulasannya.

1. Rutin Mencuci Tangan

Credit: cdc.gov

Virus corona dapat menular melalui cairan atau air liur yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin atau batuk. Jika cairan tersebut menempel pada tangan atau permukaan benda- benda yang sering kamu sentuh, maka kemungkinan virus ini akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Namun, virus corona dapat mati jika kamu mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin. Jadi, jika seumpamanya virus tersebut menempel pada tanganmu dan kamu rutin mencuci tangan, maka virus ini dapat mati dan kemungkinan tertular pun kecil. 

Jika kamu dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70%.

2. Menjaga Jarak

Credit: cnnindonesia.com

Cairan atau percikan air liur dari penderita bisa menempel pada tubuhmu, terutama jika kamu berdesak- desakan atau tidak menjaga jarak dengan banyak orang. Ini dapat membuat cairan dari penderita mudah berpindah ke tubuhmu atau ke benda- benda di sekitar. Oleh karena itu, menjaga jarak sangat diperlukan sebagai langkah pencegahan penularan virus corona.

3. Hindari Menyentuh Wajah

Credit: sciencealert.com

Hal ini mungkin terdengar sederhana, tapi justru ini sulit dilakukan karena kamu seringkali tidak sadar menyentuh wajah dengan mengusap hidung, mengucek mata, atau menyentuh mulut bahkan dengan tangan yang kotor.

Agar kamu tidak tertular dari virus corona, sebaiknya hentikan kebiasaan ini, kecuali tanganmu benar- benar dalam keadaan bersih. Karena, jika kamu menyentuh mata, mulut, atau hidung denga tangan yang kotor, maka risiko tertular virus corona akan meningkat.

4. Praktikkan Etika Bersin dan Batuk

Credit: alodokter.com

Biasakan tutup mulutmu saat bersin dan batuk dengan menggunakan tisu, atau jika tidak ada tisu, tutuplah mulutmu dengan siku bagian dalam.

Dengan begitu, cairan yang kamu keluarkan dari mulut yang mungkin saja mengandung virus corona, tidak menyebar dengan mudah. Etika batuk dan bersin berguna untuk mencegah terjadinya berbagai infeksi penyakit lain, termasuk TBC.

5. Gunakan Masker Ketika Sedang Sakit

Credit: businessinsider.sg

Jika kamu sedang sakit, maka sebaiknya gunakan masker, di luar maupun di dalam rumah. Ketika sakit, kamu perlu menggunakan masker di dalam rumah, karena bisa saja kamu menularkan penyakit ke anggota keluarga.

Langkah ini dilakukan agar cairan yang keluar ketika kamu bersin atau batuk tidak menempel pada permukaan benda yang ada di rumah.

6. Rutin Membersihkan Permukaan Benda

Credit: thewirecutter.com

Virus corona diperkirakan dapat bertahan di permukaan benda selama berjam- jam atau bahkan berhari- hari. Jadi, sebaiknya bersihkan benda yang sering disentuh secara rutin. Benda- benda yang sebaiknya rutin dibersihkan, yaitu gagang pintu dan juga handphone.

Kamu bisa membersihkan benda dengan menggunakan cairan disinfektan, agar virus atau bakteri yang menempel dapat mati. 

Itulah keenam tips menjaga kebersihan untuk mencegah penularan virus corona. Selain menerapkan tips tersebut, dalam upaya pencegahan virus corona terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi makan sayur dan buah, rutin berolahraga, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari secara rutin.

Multivitamin Enervon-C mengandung vitamin C dan B Kompleks, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu, sehingga tidak mudah sakit.

 

Featured Image - beres.id