Selama pandemi virus corona atau covid-19, ruang gerak akhirnya dibatasi. Kebijakan ini diambil dikarenakan oleh efesiensi penekanan jumlah orang yang tertular. Akhirnya work from home jadi rutinitas harian kamu. Sudah berapa hari nih kamu menjalankan rutinitas dari rumah?

Bekerja dari rumah, atau menjalankan rutinitas harian seperti biasa di rumah sepertinya gampang-gampang susah nih. Hal ini terkait dengan kamu yang mungkin sudah biasa kerja di luar rumah, dan sekarang merasa sedikit aneh kalau mesti bekerja dari rumah.

Tidak apa-apa, work from home menjadi salah satu cara yang efektif untuk menekan jumlah penularan covid-19 ini. Oh iya, walau sekarang beraktivitas dari rumah, tidak berarti kamu mengabaikan kesehatan, ya! Ingat nih – daya tahan tubuh jadi hal yang paling penting untuk terhindar dari paparan virus corona.

 

 

Oleh karena itu, untuk terus mempunyai daya tahan tubuh yang baik, kamu juga mesti terus mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta lengkapi dengan multivitamin yang aman untuk diminum setiap hari seperti Enervon C!

Terkait bekerja dari rumah atau work from home – kamu juga mesti tetap menjaga kerja tim dengan baik, lho. Mungkin kamu bisa jaga dirimu sendiri – tapi bagaimana dengan teman kantor yang lain? Nah, di bawah ini setidaknya ada 7 cara untuk jaga kinerja tim tetap baik walau dalam kondisi work from home.

Penasaran cara apa saja yang bisa kamu terapkan? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Pengecekan Rutin Tiap Hari

credit: ennovationhouse.com

Dengan diterapkannya sistem work from home, cara komunikasi dengan tim atau teman kerja mungkin akan banyak dari telepon, surel, atau beberapa aplikasi ngobrol seperti Whatsapp dan lainnya. Oleh karena itu, kamu tetap mesti memeriksa platform tersebut untuk terus bisa berkomunikasi dengan mereka.

Pada dasarnya hal ini mesti berdasarkan tanggung jawab serta kesadaran tiap orang yang work from home untuk tetap stay up to date tentang pekerjaannya.

 

Terus Berkomunikasi

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – terus berkomunikasi adalah salah satu cara terbaik untuk terus mengetahui bagaimana kondisi teman-teman kantor mu.

Hal ini juga terkait dengan pembaruan hasil pekerjaan yang bisa terus didiskusikan. Berkomunikasilah dengan platform apapun untuk terus memelihara komunikasi kerja dengan baik.

 

Pakai Teknologi yang Ada!

credit: teamviewer.com

Selain Whatsapp, kamu bisa juga gunakan berbagai aplikasi lainnya seperti Slack, Zoom atau Hang Out untuk bisa bertatap muka secara virtual. Meeting dengan mengandalkan video call jadi salah satu cara yang ekfektif juga untuk terus memastikan pekerjaan tim kamu beres.

 

Pastikan Mencapai Ekspektasi

 

Buat kamu yang mesti terus berkomunikasi dengan teman kantor mu dalam menyelesaikan pekerjaan, kamu sebaiknya memberikan ekspektasi pekerjaan tersebut dengan jelas. Misalnya, apa saja yang mesti diselesaikan, berapa tenggat waktu yang ada dan lainnya.

Jangan karena work from home – hasil pekerjaan tim kamu jadi tertunda terus nih. Pastikan jika waktunya tetap bekerja, tim kamu tetap dalam kondisi siaga dan mengerjakan pekerjaannya dengan baik.

 

Kali Ini, Fokus Pada Hasil

 

Kamu yang mengandalkan teman-teman kantor mu untuk menyelesaikan pekerjaannya – kali ini kamu mesti fokus pada hasil yang ada. Pastikan tiap harinya ada progress yang dihasilkan dari tiap pekerjaan tersebut.

Jadi kamu bisa mengumpulkan berbagai progress tersebut untuk menjadi hasil terbaik selama work from home.

 

Fasilitasi Teman Kantor

 

Kalau yang satu ini mungkin akan tergantung juga dengan kebijakan masing-masing kantor ya. Tapi baiknya, untuk menunjang pekerjaan teman kantor agar terus menghasilkan pekerjaan yang seharusnya, kamu bisa minta kantor untuk memfasilitasi mereka, lho!

 

Kepercayaan dan Fleksibelitas

credit: adzuna.com.au

Karena work from home – kamu juga mesti mengetahui fleksibelitas teman-teman kantor mu ya. Berikan kepercayaan kepada mereka untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing. Setelahnya, kamu bisa menerapkan berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya ya!

 

 

Nah bagaimana nih? Sudah cukup jelas dengan berbagai cara di atas untuk tetap menjaga kerja tim terus kompak walau work from home? Sudah bisa kamu terapkan dengan baik ya!

 

Feature Image – blog.proofhub.com