Gejala umum yang biasanya dialami oleh seseorang yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 berupa demam, batuk kering, dan sakit tenggorokan. Namun, belum lama ini ada gejala lainnya yang baru terungkap, yaitu kehilangan kemampuan penciuman dan perasa.

Menurut analisis yang dilakukan oleh para ilmuwan di King’s College London, gejala kehilangan indra penciuman dan perasa merupakan indikator yang paling akurat dalam mengidentifikasi seseorang yang terinfeksi COVID-19.

Mengutip dari Daily Star, hal ini didapatkan setelah para ilmuwan menganalisis sekitar 1,8 juta orang yang sudah terinfeksi beserta dengan berbagai gejala yang dialami. Dan sekitar 59 persen pasien yang dinyatakan positif COVID-19 tidak dapat merasakan indra penciuman dan perasa mereka.

Credit: healthline.com

Gejala ini lebih akurat dalam mendiagnosis  COVID-19, dibandingkan gejala demam yang selama ini dialami oleh seseorang yang terinfeksi COVID-19. Dr. Maria Van Kerkhove dari WHO mengatakan bahwa gejala ini biasanya akan muncul pada tahap awal penyakit.

Orang- orang yang mengalami gejala kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa memiliki kemungkinan sudah terinfeksi COVID-19 tiga kali lebih tinggi dibanding dengan yang tidak mengalami gejala tersebut. Jika hal ini terjadi, maka pasien disarankan untuk melakukan isolasi diri untuk mengurangi penyebaran.

Gejala lain yang juga bisa timbul saat terinfeksi COVID-19, yaitu batuk terus menerus, merasa lelah berkepanjangan, sakit perut hingga diare, kehilangan nafsu makan, sesak napas, dan sakit tenggorokan.

Kunci utama agar kamu terhindar dari COVID-19 yaitu menjaga daya tahan tubuh, dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.  Seperti konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, olahraga rutin, tidur selama 7-8 jam semalam, cukupi kebutuhan cairan, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum tentu bersih,  cuci tangan secara rutin dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik, melakukan physical distancing atau jaga jarak ketika harus pergi keluar rumah, dan sebaiknya gunakan masker ketika berpergian.

 

Featured Image - wvik.org

source - detik.com