Bagi sebagian besar orang di dunia menganggap memulai hari mereka dengan secangkir kopi merupakan hal yang penting. Minuman yang mengandung kafein ini memang mampu memacu jantung berdetak lebih kencang dan membuat tubuh jadi lebih bersemangat.

Meski demikian, banyak orang pula yang tidak bisa menolerir efek dari kafein pada kopi. Selain itu, mengonsumsi kopi terlalu berlebihan pun bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Jika kamu merupakan salah satu penikmat kopi, kamu bisa lho mulai mengganti kopi dengan minuman yang tidak kalah enak namun lebih menyehatkan, seperti:

1. Matcha Tea

Credit: Hipwee

Minuman yang berbau matcha pasti sudah tidak asing lagi. Belakangan ini popularitasnya sangat meningkat pesat, terutama setelah diolah menjadi berbagai hidangan penutup. Seperti kopi, matcha juga mengandung kafein. Matcha juga dapat dicampur dengan latte untuk diminum setiap pagi, yang bermanfaat untuk nge-boost tenaga kamu!

2. Teh Licorice

Credit: Woman Talk

Tidak seperti matcha tea, minuman manis ini tidak mengandung kafein, tapi mampu membuatmu tetap terjaga karena mempengaruhi kelenjar adrenal dan secara alami dapat meningkatkan energi tanpa adanya adiksi atau jadi ketagihan. Bahkan menurut penelitian, teh licorice ini juga dapat membantu mengurangi berat badan.

3. Teh Gingseng

Credit: Lifestyle Okezone

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, manfaat dari teh gingseng memang lebih banyak dari teh lainnya. Minuman tradisional khas Cina ini disebut mampu menjaga kekebalan tubuh, melawan rasa lelah, meningkatkan energi, meningkatkan fungsi otak, bahkan dapat membantu mengurangi stress.

Mengganti kopi dengan teh gingseng dan meminumnya setiap pagi, kamu tidak hanya akan berenergi tetapi juga mendapatkan manfaat baik untuk tubuh.

4. Teh Jahe

Credit: Jawa Pos

Rasa jahe yang ‘pedas’ akan memberi kehangatan bagi tubuh kamu. Meminum teh jahe setiap pagi bagus untuk melancarkan sistem pencernaanmu, dan meskipun tidak mengandung kafein, teh jahe juga mampu membuat kamu jadi lebih segar serta berenergi untuk beraktivitas seharian.

5. Green tea

Credit: Jawa Pos

Green tea atau teh hijau mengandung kafein namun tidak menimbulkan efek gelisah seperti ketika meminum kopi. Green tea dapat membantu meningkatkan fungsi otak sehingga menjaga kamu tetap fokus sepanjang hari.

Selain itu, green tea juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh melawan segala bibit penyakit. Dan untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan teh hijau yang kamu konsumsi merupakan teh hijau berkualitas tinggi ya!

 

Featured Image - Health Detik