Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, membuat banyak orang semakin waspada dalam menjaga kebersihan. Tidak hanya rajin mencuci tangan, tapi banyak orang yang semakin rajin membersihkan benda- benda yang sering digunakan, seperti gadget atau bahkan pakaian.

Menurut Badan Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus corona dapat ditularkan melalui cairan yang dikeluarkan oleh seseorang yang sudah terinfeksi melalui bersin atau batuk. Virus ini dapat menempel di benda dan berbagai permukaan yang terbuat dari berbagai jenis material, termasuk pakaian.

Lalu, bagaimana cara aman mencuci pakaian agar terhindar dari penularan COVID-19? Berikut ini langkah- langkah yang bisa kamu terapkan.

1. Gunakan Air Panas

Credit: homequicks.com

Sebisa mungkin gunakan air panas untuk mencuci pakaian, terutama yang sudah digunakan untuk pergi keluar rumah. Air panas dengan suhu sekitat 26 derajat celcius dapat membunuh virus corona. Namun, kamu harus tetap memperhatikan apakah bahan pakaian yang akan dicuci aman jika terkena air panas.

2. Gunakan Deterjen yang Mengandung Pemutih

Credit: expertreviews.co.uk

Ketika mencuci pakaian gunakan deterjen yang memiliki kandungan pemutih. Dilansir dari lipi.go.id, virus corona memiliki semacam selubung atau enveloped virus yang memiliki lapisan lemak. Jenis virus seperti ini tidak akan hilang atau mati jika hanya dicuci dengan air dan deterjen biasa.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan deterjen dengan kandungan pemutih yang dianggap lebih efektif untuk membunuh dan menghilangkan virus corona yang menempel pada pakaian.

3. Cuci Pakaian Secara Rutin

Credit: yahoo.com

Saat pandemic COVID-19 seperti sekarang ini, sebaiknya jangan tunggu sampai baju kotor jadi menumpuk. Setelah digunakan, terutama ketika harus keluar rumah, segera cuci baju tersebut.

Baju yang digunakan paling luar seperti jaket, adalah pakaian yang paling rentan terpapar virus, terutama jika saat digunakan kamu menyender ke dinding di tempat publik, saat menaiki elevator, susuran tangga, hingga pegangan pintu.

4. Jika Memungkinkan, Sebaiknya Gunakan Mesin Cuci dan Pengering

Credit: mirror.co.uk

Meskipun mencuci baju dengan tangan diperbolehkan, namun jika memungkinkan sebaiknya gunakan mesin cuci dan pengering. Mencuci dengan menggunakan mesin lebih aman daripada dengan tangan, karena dengan begitu tanganmu tidak perlu bersentuhan langsung dengan kain.

Setelah dicuci menggunakan mesin, kemudian masukkan ke dalam pengering. Dan setelah itu, biasanya droplets dan virus akan mengering serta tidak aktif lagi.

5. Pisahkan dari Pakaian Anggota Keluarga yang Sakit

Ccredit: healthline.com

Jika salah satu anggota keluargamu ada yang sedang sakit, sebaiknya hindari mencampurkan pakaian kotor miliknya dengan yang lain. Pakaian dari orang yang sedang sakit lebih berpotensi ditempeli virus, seperti flu, termasuk COVID-19.

Selain mencuci pakaian dengan benar dan menjaga kebersihan, agar terhindar dari penularan COVID-19, kamu wajib menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Terapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, rutin berolahraga, tidur selama 7-8 jam semalam, cukupi kebutuhan cairan tubuh, dan lengkapi dengan mengonsumsi mulvitamin Enervon-C dua kali sehari untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 

Featured Image - which.co.uk