Bagi kamu yang memiliki penyakit maag, pasti seringkali merasakan sesak napas karena asam lambung yang naik. Sebenarnya, gejala ini merupakan pertanda maag kronis. Asam lambung yang terus memburuk dapat menyebabkan kompikasi pada pernapasan dan dapat mengancam jiwa.

Sesak napas karena asam lambung yang naik bisa terjadi ketika cairan asam tersebut bersentuhan dengan kerongkongan atau masuk ke dalam paru- paru. Kondisi ini akan memicu refleks saraf yang menyebabkan saluran udara menyempit dan memaksa cairan tersebut keluar dari paru- paru.

Credit: Cosmopolitan

Bila maag kamu sudah kronis, kerusakan yang terjadi pada kerongkongan dan paru- paru akibat terkena cairan asam lambung secara terus menerus dapat menyebabkan munculnya penyakit pernapasan seperti asma.

Ketika kamu sulit bernapas, segera pindah ke tempat yang lebih luas atau lapang, kemudian coba untuk duduk dengan tegak sambil meletakkan tangan di atas perut dan ambil napas dalam- dalam secara perlahan. Biarkan dada dan perut bawah kamu mengembang sampai tangan kamu ikut naik. Ini artinya diafragma kamu sedang bergerak ke bawah untuk memberi ruangan bagi paru- paru kamu agar terisi penuh dengan oksigen.

Tahan napas kamu selama beberapa detik (hitung 1 sampai 10 pelan- pelan), dan buang napas perlahan lewat mulut. Hal ini sebaiknya diulangi selama beberapa menit sampai kamu bisa mengatur napas.

Sesak napas karena asam lambung naik juga bisa ditangani dengan obat- obatan yang dihirup atau diminum. Tujuannya untuk membantu meringankan atau mencegah tersumbatnya saluran pernapasan dan produksi lendir yang berlebihan.

Credit: Kumparan

Terlepas dari cara mengatasinya, pola makan yang teratur dan gaya hidup sehat bisa mengurangi munculnya gejala maag dan timbulnya sesak napas karena asam lambung yang naik.

Kamu harus membagi makanan dalam porsi- porsi kecil untuk satu hari, hindari makanan berlemak, makanan asam, dan makanan pedas. Selain itu, hindari makan dalam porsi besar yang terlalu mepet dengan waktu tidur malam, kurangi atau berhenti merokok, hindari minum minuman beralkohol, dan saat tidur, hindari menggunakan bantal terlalu banyak yang dapat memperburuk kondisi asam lambung.

 

Featured Image - Tribun News