Pandemi virus corona atau Covid-19 memiliki banyak sekali dampak, salah satunya ke bisnis dan para pebisnis. Terutama di kota besar seperti Jakarta, di mana pusat perekonomian berkumpul, para pebisnis di kota ini tengah mencari cara bagaimana bisnis mereka tetap berjalan.

Sebagai entrepreneur, tentunya kamu juga mesti mempersiapkan berbagai cara untuk mempertahankan bisnis mu. Walau dampak cukup serius yang disebabkan oleh pandemi ini, setidaknya masih ada beberapa cara efektif untuk mempertahankan produktivitas bisnisnya.

 

Terapkan WFH Sesuai Instruksi Pemerintah

credit: rapikan.com

Di tengah bulan Maret 2020 kemarin, Presiden Joko Widodo sudah mengimbau masyarakat untuk bekerja di rumah. Hal ini tentu menjadi mandat untuk semua kalangan, terutama untuk para pebisnis yang mesti menjalani instruksi tersebut.

 

 

Bekerja dari rumah atau work from home adalah salah satu cara jitu untuk menekan angka penularan virus corona. Dan ini juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat produktivitas bisnis kamu tetap berjalan.

Tapi apakah konsep WFH ini akan selalu memungkinkan untuk semua bisnis? Mungkin tidak juga – oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui dan kamu terapkan agar instruksi WFH tetap berjalan dan produktivitas bisnis kamu tetap terjaga.

Buat para pebisnis di bidang manufaktur, konstruksi, retail dan bahkan F&B seperti restoran dan kafe, transportasi sampai perbankan sepertinya cukup sulit untuk langsung diterapkan sistem WFH ini. Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Pertama adalah membuat shift. Karyawan kamu tidak mesti datang semua di satu waktu, tapi bisa kamu bagi dengan jadwal yang bisa ditentukan bersama. Kemudian, fasilitasi karyawan kamu dengan masker, antiseptic serta ingatkan karyawan untuk selalu jaga kesehatan dan kebersihan.

Bicara soal jaga kesehatan, daya tahan tubuh adalah perisai paling penting untuk menghadapi situasi seperti pandemi ini. Oleh karena itu, pastikan karyawan kamu juga punya daya tahan tubuh yang baik. Dukung dengan memberi suplemen atau multivitamin yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh.

Multivitamin yang aman untuk dikonsumsi setiap hari seperti Enervon-C bisa kamu rekomendasikan ke karyawannya. Mengonsumsi vitamin C sekarang ini adalah hal yang penting, lho. Kamu mesti punya karyawan yang daya tahan tubuhnya optimal terus!

 

Komunikasi Berbasis Teknologi

Buat kamu yang punya bisnis di bidang kreatif seperti agency atau production house – kamu juga bisa memanfaatkan teknologi untuk selalu follow up dengan klien. Pastikan kamu dan karyawan mu terintegrasi dengan aplikasi komunikasi digital yang mumpuni.

 

Teknologi di Operasional Bisnis

Sistem ERP adalah salah satu teknologi yang bisa kamu manfaatkan untuk tetap menjalankan bisnis kamu walau di tengah pandemi seperti ini. Dengan basis cloud – ini memungkinkan kamu untuk terus bisa memonitor bagaimana bisnis kamu berjalan.

ERP punya banyak modul – dan kamu bisa menyesuaikan kebutuhan bisnis kamu dengan modul-modul yang ada.

 

 

Nah bagaimana nih? Walau di tengah masa pandemi seperti ini – kamu tetap bisa kok menjalankan bisnis seperti biasa. Namun bedanya – memang ada beberapa hal yang mesti kamu adjust atau atur ulang lagi.

 

Feature Image – kaltim.idntimes.com