Kualitas tidur merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama di tengah pandemi virus corona saat ini. Namun sayangnya, perkembangan informasi mengenai Covid-19 seringkali membuat kita jadi cemas dan khawatir.

Rasa cemas dan khawatir tersebutlah yang mengakibatkan terganggunya waktu tidur. Padahal, waktu tidur yang baik dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh yang berfungsi untuk menangkal berbagai macam virus penyebab penyakit, lho.

Untuk mengatasi rasa cemas penyebab sulit tidur tersebut, berikut ini 5 tips mudah yang bisa kamu terapkan.

1. Jaga Rutinitas Harianmu

Credit: tribunnews.com

Rutinitas harianmu bisa saja terganggu karena adanya pandemic corona. Banyak sekolah dan juga perkantoran yang libur, sehingga hampir semua aktivitas pun dilakukan di rumah.

Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga rutinitas harianmu agar dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika kamu bekerja dari rumah, usahakan untuk tetap bangun di jam yang sama seperti ketika akan berangkat kerja.

Dengan begitu, kamu bisa menjaga rutinitas seakan berada di kantor. Dan hal ini dapat membantu mengurangi rasa cemasmu terhadap berbagai informasi mengenai Covid-19.

2. Hindari Tidur Siang Berlebihan

Crdit: liputan6.com

Saat sedang bekerja dari rumah, seringkali jam tidur ikut bertambah. Tentu saja hal ini harus dihindari selama kamu di rumah aja saat pandemi virus corona.

Tidur siang berlebihan justru dapat membuatmu semakin sulit mengantuk di malam hari dan sangat berpotensi merusak jam tidurmu. Padahal, memiliki jam tidur yang normal dapat membuat hidupmu lebih teratur, lho. Sebaiknya, ganti keinginan tidur siang dengan rutinitas yang lebih sehat seperti bangun lebih awal agar pekerjaan juga dapat selesai lebih cepat.

3. Rutin Olahraga

Credit: ayosemarang.com

Berada di rumah saja bukan berarti kamu melewatkan kegiatan olahraga, ya. Aktivitas ini justru sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dan olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mengurangi rasa cemasmu terhadap Covid-19.

Usahakan untuk berolahraga di pagi hari dan hindari melakukannya beberapa jam sebelum waktu tidur karena dapat menstimulasi tubuh dan membuatmu susah tidur.

4. Batasi Asupan Berita

Credit: womenosophy.com

Memang sulit untuk mengendalikan berbagai informasi dan berita yang muncul di media mengenai virus corona. Hal ini tentu dapat meningkatkan rasa cemas yang akhirnya berdampak pada pola tidurmu.

Kendalikan asupan berita harian dengan menentukan berapa banyak berita mengenai Covid-19 yang boleh dibaca atau ditonton. Dan penting diingat bahwa hindari membaca atau menonton berita mengenai Covid-19 sebelum kamu tidur, ya. Karena ini justru akan meningkatkan rasa cemas dan membuatmu susah untuk terlelap.

5. Batasi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Credit: hot.liputan6.com

Internet merupakan salah satu sarana hiburan selama di rumah. Ini bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman dan mencari hiburan lainnya. Namun, menggunakan gadget seharian penuh tidak akan membantumu untuk cepat tertidur.

Setidaknya satu jam sebelum waktu tidurmu, berhentilah bermain gadget. Dan ganti aktivitas tersebut dengan hal lain seperti membaca buku atau mendengarkan lagu agar pikiran jadi lebih tenang.

Tidur teratur merupakan hal penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, terapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak konsumsi buah dan sayur, cukupi kebutuhan cairan harian, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - hellosehat.com