Work from home atau bekerja dari rumah seringkali membuat kita jadi jarang bergerak yang pada akhirnya dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan olahraga secara rutin.

Kamu bisa berolahraga di dalam atau di luar rumah. Tapi, saat pandemic Covid-19 ini ada 5 syarat yang wajib kamu ikuti jika ingin berolahraga di luar rumah. Apa saja kelima syarat tersebut? Cek ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Periksa Wilayah Sekitar

Credit: moresports.network

Ada baiknya kamu mengenal wilayah tempat tinggalmu terlebih dahulu. Jika warga sekitar wilayah sekitar ada yang sudah terinfeksi Covid-19, maka sebaiknya hindari melakukan aktivitas fisik di luar rumah. Dan sebagai gantinya lakukan olahraga di dalam rumah.

Ketika olahraga di rumah, kamu bisa melakukannya di halaman rumah selama masih di dalam pagar, bukan keluar kompleks.

2. Tubuh Dalam Kondisi Sehat

Credit: timesindonesia.co.id

Jika tubuhmu dalam keadaan fit dan bugar, kamu boleh- boleh saja melakukan olahraga di luar rumah. Namun, jika kondisimu sedang tidak fit, sebaiknya urungkan niatmu.

Saat tubuh dalam kondisi kurang sehat, daya tahan tubuh sedang menurun dan hal ini membuatmu rentan terserang penyakit.

3. Terapkan Physical Distancing

Credit: wbur.org

Hal terpenting yang wajib kamu lakukan saat berolahraga di luar rumah adalah menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain, setidaknya beri  jarak 1,5- 2 meter. Dan hal ini juga berlaku ketika kamu berolahraga bersama keluarga atau teman.

4. Hindari Menyentuh Benda- Benda Di Sekitar

Credit: imeout.com

Selama berolahraga, kamu dilarang untuk menyentuh benda apapun. Seperti fasilitas olahraga yang biasanya disediakan oleh taman- taman di tengah kota.

Di situasi seperti sekarang ini, sebaiknya lakukan olahraga tanpa bersentuhan dengan benda- benda sekitar. Dan setelah kembali ke rumah, segera cuci baju olahragamu dan segera mandi.

5. Kenali Tubuhmu

Credit: techmoneyfit.com

Penting untuk mengenali tubuhmu sendiri. Jangan sampai kamu terlalu memaksakan aktivitas olahragamu. Kamu cukup berolahraga dengan intensitas sedang maksimal 60 menit, dan lakukan sebanyak 3-5 kali seminggu.

Nah, sudah jelas kan syarat apa saja yang wajib kamu penuhi ketika ingin berolahraga di luar rumah selama pandemic Covid-19?

Selain berolahraga, kamu juga sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidur selama 7-8 jam, cukupi kebutuhan cairan tubuh, serta konsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang bisa bantu jaga daya tahan tubuhmu.

Jika daya tahan tubuhmu sudah baik, maka risikomu terpapar virus penyebab penyakit pun akan menurun!

 

Featured Image - melos-gmbh.com

Source -  cnnindonesia.com