Meningkatkan sistem imun tubuh, terutama di tengah pandemi virus corona merupakan hal yang penting. Karena, sistem imun yang baik dapat melindungi tubuh dari berbagai macam virus penyebab penyakit, termasuk Covid-19.

Ada  berbagai macam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang baik dan sehat, misalnya jus buah. Berikut ini 5 jus buah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Bisa dicoba di rumah nih!

1. Jus Jeruk dan Anggur

Credit: cookforyourlife.org

Jeruk dan anggur merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang baik untuk melindungi sel- sel tubuh dari zat yang membahayakan. Selain itu, vitamin C juga baik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka, memerangi berbagai macam penyakit, dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh.

2.  Jus Bayam, Selada, dan Kale

Credit: lignesdancewear.com

Jus yang berbahan dasar sayuran merupakan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa membuat jus sayur yang terdiri dari bayam, selada, dan kale.

Jika kamu tidak suka rasa pahit, maka tambahkan buah- buahan segar seperti nanas, jeruk, dan apel. Atau kamu bisa menambahkan peterseli sebagai tambahan vitamin B6, yang juga berperan penting dalam meningkatkan imun tubuh dan memproduksi antibodi.

3. Jus Semangka

Credit: tasteofhome.com

Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, semangka juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Bagi orang dewasa, nyeri otot seringkali dianggap sebagai gejala awal flu.

Selain itu, semangka kaya akan kandungan air yang dipercaya dapat menjaga fungsi saluran pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Jus Stroberi, Kiwi, dan Mint

Credit: draxe.com

Pilihan campuran jus lainnya yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh adalah stroberi, kiwi, dan mint. Terutama, stroberi dan kiwi yang kaya akan kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C ini berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dari Canadian Journal of Physiolgy and Pharmacology, kandungan vitamin C dapat menangkal berbagai macam penyakit, salah satunya adalah flu. Terutama bagi anak- anak dan orang dewasa yang berusia di atas 65 tahun.

Kamu bisa menambahkan greek yogurt ke dalam jus ini, sebagai sumber magnesium dan probiotik yang juga baik untuk menghalau berbagai virus berbahaya, termasuk Covid-19.

5. Jus Kale, Tomat, dan Seledri

Credit: foodnetwork.com

Sayuran hijau merupakan sayuran terbaik untuk jus karena tinggi akan kandungan vitamin dan mineral. Dari data yang dirilis oleh SELF Nutrition, kale mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat, vitamin A, vitamin K, dan vitamin H, serta mengandung magnesium.

Jadi, selain ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh, ketiga campuran sayuran ini juga dapat mengurangi inflamasi dalam tubuh dan memiliki sifat menenangkan.

Nah, sekarang sudah tahu kan jus apa saja yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhmu? Selain rutin mengonsumsi campuran jus yang sudah disebut di atas, untuk menjaga daya tahan tubuhmu selalu konsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, rutin berolahraga, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dua kali sehari.

Kandungan vitamin C dan B Kompleks dalam Enervon-C mampu meningkatkan dan mengoptimalkan daya tahan tubuhmu, agar terhindar dari berbagai macam virus penyebab penyakit.

 

Featured Image - udara-bali.com