Social distancing serta physical distancing yang sudah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia menjadi salah satu cara efektif untuk menekan angka penularan virus corona atau Covid-19. Dampaknya adalah penerapan work from home termasuk kegiatan belajar-mengajar ditiadakan sementara.

 

 

Artinya anak-anak yang sekolah, otomatis diliburkan dan diharapkan belajar dari rumah. Bahkan belum lama ini – Menteri Pendidikan Nadiem Makarim telah mengumumkan kalau Ujian Nasional ditiadakan terkait dengan pandemi Covid-19 ini.

 

credit: edukasi.kompas.com

Untuk orang dewasa seperti kamu, mungkin untuk penerapan sistem WFH tidak terlalu bermasalah. Tapi bagaimana dengan anak-anak yang mesti belajar dari rumah yang mempunyai banyak distraksi? Buat kamu yang masih bingung bagaimana menjaga anak tetap belajar dari rumah dengan efisien, berikut lima cara cerdas yang bisa bantu kamu!

 

Bantu Ciptakan Sudut Belajar Versi Anak!

Jika anak masih terdistraksi untuk belajar di rumah tepatnya masih di kamarnya sendiri – ini saatnya kamu bantu untuk ciptakan sudut belajar versinya sendiri. Kamu bisa memilihkan tempat yang dinilai nyaman seperti teras belakang rumah, atau teras dekat taman di samping rumah.

Atau bahkan bisa menggunakan tempat di dekat taman dan kolam ikan! Peralatan yang bisa kamu gunakan seperti tikar, meja portable dan peralatan lainnya yang bisa bantu kamu mendekor sudut belajar si kecil. Dengan begini, anak bisa merasakan nuansa baru dan mendapatkan semangat belajar baru juga!

 

Gunakan Teknologi: Belajar Kelompok Online!

Tidak hanya kamu yang bisa menggunakan aplikasi seperti Zoom untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dengan tim. Si kecil juga bisa kok untuk diaturkan belajar kelompok secara online! Hal ini malah bisa membuat mereka semangat belajar, lho.

Tentu terkait dengan metode belajar yang tidak seperti biasanya, belajar kelompok secara online bisa jadi memotivasi si kecil untuk selalu belajar dengan baik. Terlebih, mereka jadi bisa terus berkomunikasi dengan teman sekolahnya!

 

Bikin Kudapan yang Enak!

Untuk mendukung si kecil terus belajar dengan efektif walau berada di rumah – kamu bisa lho membuatkan dia makanan kecil atau snack yang disuka! Kudapan atau makanan kecil yang bisa kamu buatkan bisa berbahan kacang-kacangan, buah-buahan atau bahkan cokelat serta yogurt.

 

Pakai Fasilitas Belajar Dari Kursus Online

Cara keempat yang bisa kamu terapkan untuk si kecil agar bisa terus belajar dengan efektif adalah mengikuti belajar dari kursus online. Lumayan bervariatif lho platform kursus atau belajar online yang tersedia.

 

Pastikan Alat Tulis dan Gawai Bersih

Terkait dengan kebersihan tubuh – kamu juga bisa bantu si kecil untuk membersihkan alat tulis atau gawai yang ia gunakan selama belajar di rumah. Hal ini tentu jadi hal baik atau kebiasaan baik untuk selalu bersih dalam keadaan apapun.

 

 

Nah bagaimana nih? Sudah cukup jelas bagaimana bisa bantu si kecil untuk selalu bisa belajar dengan efektif walau berada di rumah?

 

Feature Image – news.okezone.com