Meningkatknya penyebaran virus corona membuat berbagai perusahaan memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home. Hal ini tentu juga mempengaruhi proses rekrutmen perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Berbagai alternatif pun dilakukan, termasuk melakukan wawancara secara virtual melalui video call. Cara ini tentu saja efektif dan membuat proses rekrutmen menjadi lebih aman, tanpa harus melakukan kontak secara langsung.

Namun, sama seperti proses wawancara pada umumnya. Interview melalui video call juga tidak selalu berhasil. Nah, agar kamu lancar dalam menjalani proses wawancara via video call, berikut ini 4 tips yang sebaiknya kamu perhatikan.

1. Gunakan Pakaian Rapih dan Formal

Credit: journal.sociolla.com

Sama seperti wawancara tatap muka, saat wawancara via video call kamu harus tetap memperhatikan penampilan, termasuk cara berpakaianmu. Hal ini tentu ikut menentukan tingkat profesionalisme kamu di mata pihak perusahaan.

Meskipun kamu tidak diharuskan berpakaian formal saat wawancara, tapi ada baiknya kamu tetap berpakaian rapih. Gunakan pakaian yang memiliki kerah untuk memberikan kesan sopan.

2. Perhatikan Posisi Badan

Credit: news.efinancialcareers.com

Saat melakukan wawancara via video call, selalu perhatikan bagaimana kamu duduk. Hal ini tentu saja tidak lepas dari faktor bahasa tubuh. Para HRD atau interviewer biasanya akan kurang tertarik dengan orang yang duduk dengan lesu, malas- malasan, atau tidak bersemangat. Ini dapat membuat si interviewer merasa kurang percaya dan yakin padamu.

Jadi, ada baiknya kamu duduk dengan tegap dan percaya diri selama melakukan wawancara via video call. Dan usahakan untuk memilih latar belakang yang berwarna polos, ya.

3. Cek Koneksi Internet

Credit: pcmag.com

Ketika akan melakukan wawancara melalui video call, penting untuk memastikan jaringan internetmu berjalan dengan kuat dan stabil. Jangan sampai hal ini dapat menghalangi atau mengganggu proses wawancaramu.

Koneksi internet yang buruk, akan membuat komunikasi jadi kurang lancar. Bahkan, ini dapat meningkatkan potensi terjadinya miss communication antar kamu dan interviewer, lho. Jadi, jangan sampai hal ini menghambatmu untuk mengeluarkan potensi yang kamu miliki.

4. Lihat Ke Arah Kamera, Bukan Ke Monitor

Credit: kalibrr.com

Nah, yang ini seringkali terjadi saat melakukan percakapan via video call. Sebagian besar dari kamu pasti lebih sering menatap monitor, daripada menghadap ke kamera yang berada di layar bagian atas.

Ketika menatap monitor, penampilanmu akan terlihat seperti menunduk dan terkesan tidak sopan. Usahakan untuk melihat ke arah lensa kamera saat mengobrol. Atau setidaknya, sesekali pandang kamera agar interviewer dapat melihat ekspresi wajahmu ketika berbicara.

Setelah selesai melakukan interview via video call, sampaikan rasa terima kasihmu pada pihak perusahaan atas waktu yang sudah diberikan, dan sampaikan pula harapanmu untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut. Dan jangan lupa untuk menggunakan kesempatanmu dengan sebaik- baiknya ya.

Semoga berhasil!

 

Featured Image - donklephant.com