Berbagai cara sepertinya sudah dicari dan diteliti untuk mengatasi pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Termasuk dari sektor bahan pangan. Dilansir dari infografik yang ada di katadata.co.id – setidaknya ada tiga bahan pangan (nabati) yang diprediksi bisa jadi penangkal virus corona.

Bahan pangan (nabati) yang dimaksud termasuk ke dalam bahan alami atau herbal. Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) tengah menguji beberapa bahan tersebut yang diyakini bisa memperkuat imunitas tubuh untuk tangkal Covid-19.

 

 

Salah satu bahan alami yang dimaksud adalah kulit jeruk. Menurut mereka yang meneliti – kulit jeruk mengandung senyawa hesperidin yang mampu melindungi tubuh dari paparan virus. Nah, untuk selengkapnya – sila simak bahasan di bawah ini ya!

 

Bahan Nabati Penangkal Covid-19

 

Kulit Jeruk

credit: womantalk.com

Apakah semua kulit jeruk bisa menjadi bahan nabati untuk jadi penangkal Covid-19? Jawabannya pun sedang diteliti. Namun, berdasarkan infografik yang ada – kulit jeruk mengandung senyawa flavonoid atau hesperidin yang diprediksi bisa bantu tubuh untuk menangkal paparan virus.

Nah bagaimana mengaplikasikan kulit jeruk ini? Berdasarkan penjelasan yang ada – setidaknya ada dua cara mudah untuk mengonsumsinya. Sama-sama dibuat jadi minuman, pertama – kamu bisa membuat jus jeruk.

Lalu yang kedua – ini yang lebih menarik, kamu bisa membuat infused water. Minuman menyegarkan ini sangat mudah lho membuatnya. Kamu tinggal potong buah jeruk – misalnya jeruk lemon, dengan kulitnya – kamu tinggal masukan potongan-potongan jeruk tersebut ke dalam wadah air seperti botol minum.

Setelah itu, simpan di dalam lemari pendingin agar bisa terus dikonsumsi berkali-kali. Sila mencoba ya! Ini benar-benar segar, lho!

 

Buah, Daun, Kulit dan Batang Jambu Biji

credit: republika.co.id

Mengagetkan bukan? Sepertinya hampir semua bagian dari jambu biji bisa digunakan untuk bantu tubuh menangkal paparan virus corona atau Covid-19 ini. Hal ini berdasarkan oleh bagian-bagian tersebut mengandung senyawa flavonoid yang mirip dengan senyawa di kulit jeruk sebelumnya.

Beberapa bagian jambu biji tersebut setidaknya punya dua fungsi lain selain meningkatkan serta memperkuat imunitas tubuh. Pertama, mengonsumsi beberapa bahan tersebut bisa menghambat replikasi atau perkembangan virus.

Kedua, bisa menghambat ikatan protein virus ke reseptor manusia. Nah, dari berbagai bagian jambu biji tersebut – cara paling mudah untuk mengonsuminya adalah di jus saja, ya!

 

Madu

credit: honestdocs.id

Madu jadi bahan nabati ketiga yang diteliti dan ternyata mempunyai senyawa yang sama dengan kulit jeruk atau bagian jambu biji sebelumnya: flavonoid. Oleh karena itu – madu dinilai cukup ampuh untuk bantu tubuh meningkatkan imunitas. Selain itu, madu juga bisa membuat tubuh kamu anti mikroba, anti jamur dan juga anti mikro bakteri.

Nah buat kamu yang bertanya bagaimana mengonsumsi madu dengan benar – biasanya kalau kamu langsung konsumsi dari madu botolan, pun bisa. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, bisa kamu kombinasikan dengan jus buah.

 

 

Tiga bahan nabati ini cukup mudah kok untuk kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Untuk kamu yang ingin membeli bahan-bahan ini dan ragu untuk ke pasar atau tempat publik lainnya, kamu bisa kok belanja online agar tetap bisa mematuhi aturan physical-social distancing yang sedang diterapkan di tengah pandemi ini ya!

 

Feature Image – honestdocs.id