Kurang lebih sudah tiga minggu ini sebagian besar pekerja di Indonesia melakukan dan menerapkan sistem work from home atau yang disebut juga dengan WFH. Hal ini tentu terkait dengan salah satu cara penekanan penyebaran atau penularan infeksi virus corona atau Covid-19.

Mengerjakan pekerjaan kantor di rumah tentu ada plus dan minusnya nih – buat kamu, lebih banyak hal positif atau sebaliknya, ya? Kerja dari rumah atau WFH tentu memiliki rumus tersendiri agar tidak terjebak rasa malas karena tidak adanya tekanan seperti kamu berada di kantor.

 

 

Disiplin, mempunyai rasa tanggung jawab dan teratur adalah beberapa sifat yang mesti kamu tanamkan setiap saat, termasuk pada saat WFH seperti ini. Namun, tubuh memang mempunyai batas nih – apa yang sudah kamu rasakan nih pada tubuh saat WFH seperti ini?

 

credit: investing.com

Menurut situs CNN Indonesia – bekerja dari rumah yang hanya mengandalkan layar laptop serta tempat duduk seadanya tentu akan menimbulkan posisi yang kurang nyaman. Hal ini lama kelamaan akan menimbulkan rasa atau gejala yang tidak enak pada tubuh.

Di bawah ini – setidaknya ada lima gejala atau tanda yang kurang baik yang disebabkan oleh posisi bekerja dari rumah yang tidak begitu nyaman. Penasaran apa saja masalah-masalahnya? Selengkapnya di bahasan kali ini ya!

 

Leher dan Bahu Terasa Nyeri

Terkadang hal yang pertama ini dianggap sepele bahkan dihiraukan, sebaiknya tidak ya. Kalau kamu mempunyai rasa nyeri cenderung sakit pada leher dan bahu – itu bisa jadi tandanya posisi tubuh kamu tidak nyaman tapi dipaksakan.

Oleh karena itu kamu perlu cari lokasi atau posisi yang enak – minimal yang bisa membuat layar komputer jinjing kamu sejajar dengan mata. Jadi kamu tidak menatap ke bawah atau ke atas terlalu lama. Atau setidaknya kamu perlu mengganti posisi setiap dua jam sekali.

 

Mata Mulai Terasa Lelah

Bekerja dari rumah tidak mesti membuat mu menatap layar laptop sepanjang waktu, lho. Ini cukup berbahaya karena bisa menimbulkan digital eye strain – yang ditandai dengan sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering dan nyeri leher serta bahu.

Agar tidak semakin parah – kamu bisa menenangkan mata dengan cara beristirahat selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Dengan begitu kamu bisa membuat mata kamu tetap sehat terjaga.

 

Pinggul Terasa Kencang

Katanya untuk bisa menjaga fokus – punggung mesti tegak lurus untuk membantu kamu menatap layar komputer. Padahal, sebenarnya yang bisa menjaga agar punggung serta pinggul kamu tetap sehat adalah posisi agak berbaring 15-20 derajat, lho.

Jika memang tidak ada kursi yang memungkinkan, kamu bisa beristirahat dengan cara stretching serta tiduran sejenak agar postur tubuh kamu tetap terjaga dengan baik. Hal ini bisa kamu lakukan setiap 20 menit sekali, ya.

 

Kram Kaki

Jelas jika salah satu bagian tubuh ada yang kram – ini artinya ada peredaran darah yang tidak begitu lancar. Ini biasanya terjadi di kaki saat duduk dan kamu tidak memiliki ketinggian kursi yang pas sehingga kaki tidak menapak ke lantai.

Usahakan menggunakan pijakan kaki tambahan agar telapak kaki kamu menapak. Ini akan membuat peredaran darah kamu lebih lancar dan lebih baik. Atau kamu bisa beristirahat secara berkala setiap 20 menit sekali, bisa berjalan-jalan sejenak.

 

Punggung yang Sakit

Tidak jauh berbeda dengan gejala-gejala lainnya di atas – jika punggung kamu sakit, tentu ada yang salah dengan posisi kamu menatap layar laptop yang lama itu. Pastikan kamu punya kursi yang ada sandarannya sehingga setiap 20 menit sekali, kamu bisa bersandar sejenak.

Atau setidaknya kamu bisa melakukan pemanasan sehingga punggung kamu tidak mudah sakit.

 

 

Nah deretan gejala di atas apakah sudah kamu rasakan? Kalau iya, pastikan kamu juga mengetahui bagaimana memperbaiki serta mengobati rasa gejala tersebut.

 

Feature Image – glints.com