Platform berbagi konten foto dan video, Instagram, sudah melakukan beberapa langkah untuk mengurangi penyebaran hoaks atau berita palsu yang berkaitan dengan virus corona. Hal ini tentu saja merupakan langkah untuk memudahkan hidup di tengah pandemi Covid-19, dan untuk memastikan para penggunanya mendapatkan informasi yang akurat terkait virus corona.

Saat ini, Instagram berupaya untuk mempromosikan konten berisi informasi yang dapat dipercaya mengenai virus corona dan mengurangi, bahkan menghentikan penyebaran informasi yang salah. Bos Instagram, Adam Mosseri, berharap agar fitur ini dapat membantu mengatasi rasa khawatir di masa isolasi saat ini.

Credit: alona.co.id

Instagram menghapus hoaks dan misinformasi mengenai virus corona, agar ketika para pengguna mengetuk tanda pagar yang terkait wabah tersebut bisa mendapatkan informasi dari sumber resmi seperti World Health Organization (WHO) atau informasi dari kementerian setempat. Jadi, saat pengguna mencari informasi terkait Covid-19, maka Instagram akan menunjukkan akun organisasi kesehatan yang terpercaya di bagian atas.

Credit: techcrunch.com

Selain itu, platform sosial media ini juga memblokir tagar yang digunakan untuk menyebar hoaks dan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan verifikasi informasi, serta memberi label pada informasi tersebut berupa stiker, yang menandakan bahwa informasi sudah kredibel.

Kemudian, Instagram juga akan menghilangkan efek augmented reality (AR) yang terkait Covid-19, kecuali efek AR yang dibuat melalui kerjasama dengan organisasi kesehatan resmi. Hal ini karena Instagram berkomitmen untuk memblokir iklan atau hal- hal yang dapat mengeksploitasi situasi wabah Covid-19 ini.

Pihak Instagram mengatakan akan menawarkan tautan donasi untuk organisasi nirlaba dan mengajak penggunanya untuk tetap menerapkan physical distancing di tengah pandemi Covid-19. Inisiatif serupa juga dilakukan oleh Facebook dan platform sosial media miliknya seperti Messenger dan Whatsapp, serta diikuti oleh platform sosial media lainnya seperti Youtube dan Twitter.

 

 

 

Featured Image - ajaib.co.id

Source - cnbcindonesia.com