Di tengah pandemi Covid-19, ada berbagai sektor usaha yang ikut terdampak, salah satunya adalah industri perjalanan. Saat ini, banyak maskapai yang sudah membatasi jumlah penerbangan.

Ketika naik pesawat, mungkin penumpang merasa khawatir dan ragu apakah kabin pesawat sudah benar- benar bersih dan aman dari virus atau tidak. Kabar baiknya, sejumlah maskapai internasional s eperti American Airlines, Southwest Airlines, Cathay Pacific, Qantas, dan penerbangan Transpacific Delta yang melakukan penerbangan ke US, sudah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus corona. Berikut ini langkah- langkah yang dilakukan:

1. Prosedur Pembersihan

Credit: businesstraveller.com

Proses pembersihan sebenarnya tergantung dari jadwal pesawat sendiri. Karena waktu berhenti pesawat sangat terbatas, oleh karena itu dilakukan pembersihan sederhana, seperti membersihkan koran bekas dan sampah lainnya. Hal ini dilakukan oleh awak kabin penerbangan sebelumnya.

Sedangkan, untuk pembersihan kabin secara menyeluruh akan dilakukan pada malam hari atau ketika ada waktu berhenti lebih panjang di bandara. Saat ini maskapai penerbangan sudah mengikuti panduan dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai virus corona dan melakukan penyesuaian dalam prosedur pembersihan kabin pesawat.

Pembersihan menyeluruh ini termasuk melakukan pembersihan dan disinfeksi pada toilet, meja, permukaan dan peralatan dapur, karpet, dan ruang penyimpanan. Selain itu, maskapai juga mengganti semua penutup jok, membuang sampah dari kantong kursi penumpang, membersihkan toilet, serta sterilisasi sistem air dan penggantian filter udara.

Bahkan sejak Februari lalu, maskapai penerbangan internasional juga sudah melakukan “fogging” pada kabin pesawat, dengan menggunakan disinfektan yang efektif dan sudah terdaftar oleh EPA (Environmental Protection Agency).

Disinfektan yang digunakan oleh maskapai internasional ini termasuk efektif dalam melawan patogen dan dapat mematikan virus kompleks, seperti SARS, E.Coli, flu burung, MRSA, dan lain sebagainya.

2. Kebersihan Para Penumpang

Credit:nationalgeographic.grid.id

Penularan yang paling sering terjadi adalah antar manusia. Tangan merupakan perantara utama, terutama setelah kamu menyentuh benda- benda yang ada di kabin pesawat, kemudian virus menempel pada tangan, kemudian menyentuh hidung atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Kebersihan kabin pesawat memang penting, namun bukan ini yang jadi masalah utama dalam penularan Covid-19. Langkah pencegahan efektif yang harus diterapkan oleh para turis adalah rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Dan jika air dan sabun tidak tersedia, maka gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Selain di dalam kabin pesawat, langkah pencegahan tersebut juga sebaiknya dilakukan selama berada di bandara.

3. Selalu Waspada

Credit: straitstimes.com

Dari sudut pandang penumpang, cara efektif untuk menghindari penularan virus di dalam kabin pesawat adalah dengan menunda perjalanan untuk sementara waktu.

Saat ini, maskapai sudah menerapkan panduan dari CDC, tetapi semua keputusan akan kembali ke penumpang.

 

 

Featured Image - projects.jsonline.com

Source - cnnindonesia.com