Seperti yang sudah diketahui, virus corona dapat menular melalui percikan air liur yang dikeluarkan saat penderita Covid-19 batuk atau bersin. Untuk mengurangi risiko penularan, disarankan untuk menggunakan masker, terutama yang sedang sakit.

Namun sayangnya, di tengah pandemic Covid-19 ini masker merupakan barang yang langka dan terbilang cukup mahal. Tidak hanya masyarakat saja, tetapi dokter, perawat, dan petugas medis lainnya pun kesulitan untuk mendapatkan masker. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya memilih masker kain sebagai alternatif.

Agar masker kain tetap aman dan efektif ketika digunakan, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Pilih Ukuran Masker

Credit: nytimes.com

Hal pertama yang sebaiknya kamu perhatikan adalah memilih masker kain yang sesuai dengan ukuran wajah, serta dapat menutup mulut, hidung, dan dagu kamu.

2. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Credit: sciencefocus.com

Sebelum menggunakan masker, usahakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun terlebih dahulu, atau gunakan hand sanitizer. Setelah itu, pakai masker dan selipkan tali masker di belakang telinga atau ikat masker di belakang kepala dengan erat agar tidak longgar.

3. Hindari Menyentuh Masker

Credit: interestingengineering.com

Sama seperti saat menggunakan masker medis, sebaiknya hindari menyentuh masker kain saat digunakan. Jika kamu ingin memperbaiki posisi masker, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuhnya. Hal ini menghindari adanya perpindahan kuman, bakteri, atau virus dari tangan yang belum tentu bersih ke masker yang sedang digunakan.

4. Cara Melepas Masker Kain

Credit: theactivetimes.com

Setelah digunakan, lepaskan masker kain dengan cara membuka tali pengikat di belakang kepala. Lalu, segera cuci masker kain dengan air panas dan detergen. Usahakan untuk langsung mencuci setelah digunakan.

5. Ganti Masker Secara Berkala

Credit: thewirecutter.com

Jika masker kain yang kamu gunakan sudah robek, rusak, atau sudah terlalu lama, segera ganti dengan yang baru.

Nah, sudah tahu ya sekarang bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan masker kain? Selain menggunakan masker kain, untuk mencegah tertular virus corona, penting untuk selalu jaga daya tahan tubuhmu. Terapkan pola makan sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayur, olahraga rutin, cukupi kebutuhan cairan tubuh, tidur selama 7-8 jam semalam, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari.

Karena, jika daya tahan tubuhmu sudah baik, maka risiko terpapar virus penyebab penyakit pun dapat menurun. Stay safe and stay healthy, ya!
 

Featured Image - smithsonianmag.com